Kamis 24 Mar 2022 06:48 WIB

Penemu GIF, Stephen Wilhite Wafat pada Usia 74 Tahun

GIF sekarang digunakan untuk reaksi, pesan, dan lelucon.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Penemu Graphics Interchange Format (GIF) Stephen Wilhite meninggal pekan lalu karena Covid-19 pada usia 74 tahun.
Foto: via tech times
Penemu Graphics Interchange Format (GIF) Stephen Wilhite meninggal pekan lalu karena Covid-19 pada usia 74 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Penemu Graphics Interchange Format (GIF) Stephen Wilhite meninggal pekan lalu karena Covid-19 pada usia 74 tahun. Kabar tersebut disampaikan oleh sang istri Kathaleen.

 

Baca Juga

Wilhite terkenal dengan penemuannya GIF yang sekarang digunakan untuk reaksi, pesan, dan lelucon. Dia menemukan GIF saat bekerja di CompuServe pada tahun 1980-an. Sekitar awal 2000-an, ia pensiun dan menghabiskan waktunya untuk bepergian, berkemah, dan membangun model kereta api di ruang bawah tanahnya.

 

Meskipun GIF identik dengan meme internet animasi, itu bukan alasan Wilhite membuat format tersebut. CompuServe memperkenalkannya pada akhir 1980-an sebagai cara untuk mendistribusikan grafik berkualitas tinggi dan resolusi tinggi dalam warna pada saat kecepatan internet sangat rendah dibandingkan dengan sekarang.

 

“Dia menemukan GIF sendirian di rumah dan membawanya ke tempat kerja setelah dia menyempurnakannya. Dia akan mencari tahu semuanya secara pribadi di kepalanya dan kemudian pergi ke kota untuk memprogramnya di komputer,” kata Kathaleen, dilansir The Verge, Kamis (24/3/2022).

 

Dalam perjalannya, ada perdebatan tentang pengucapan GIF. Pada 2013, Wilhite mengatakan kepada The New York Times “G” diucapkan secara lembut menjadi “jif.” Selama hidup, ia juga menerima sejumlah penghargaan, salah satunya adalah Webby Lifetime Achievement Award untuk penemuan GIF.

 

“Setelah 25 tahun, mereka akhirnya menghormati pencapaian yang dia lakukan,” kata ujar sang istri yang menambahkan bahwa membuat GIF adalah hal yang paling Wilhite banggakan.

 

Beberapa pesan dari mantan rekan di halaman berita duka mengatakan Wilhite juga membuat kontribusi penting lainnya selama bekerja di CompuServe. Mereka menggambarkannya sebagai sosok pekerja keras yang memiliki pengaruh besar pada kesuksesan perusahaan.

 

Setelah pensiun, Wilhite dan istrinya bepergian bersama. Kathaleen mengatakan salah satu perjalanan yang paling berkesan adalah bulan madu mereka ketika mengunjungi Grand Canyon.

 

Saat di rumah, Wilhite suka mengerjakan set model keretanya. “Ketika kami membangun rumah, kami sebenarnya memiliki seluruh bagian di ruang bawah tanah untuk ruang keretanya. Dia selalu melakukan desain dan pekerjaan listrik untuk tata letaknya,” tambahnya.

 

Dalam wawancara Times, Wilhite mengatakan salah satu GIF favoritnya adalah meme bayi menari yang viral. Jadi ini untuk, Wilhite, terima kasih telah membuat format gambar yang membuat pengunduhan gambar berwarna di internet. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement