Rabu 23 Mar 2022 07:15 WIB

Penjelajah NASA Ungkap Kawah Misterius di Bulan Jupiter

Ilmuwan juga melihat ada aurora yang membentang di Ganymede.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Penjelajah penjelajah Jupiter NASA, Juno, mengungkapkan permukaan bulan yang tertutup kawah dalam detail terbesar yang pernah ada.
Foto:

Jumlah fitur yang terlihat pada gambar Juno menunjukkan aktivitas vulkanik yang jauh lebih intens di bulan daripada yang diperkirakan para ilmuwan sebelumnya. Collins mengatakan ini benar-benar meningkatkan jumlah fitur mirip kaldera yang ditemukan di seluruh Ganymede hingga 30 persen.

“Ini benar-benar membuat kami berpikir bahwa kami telah menghitungnya sejauh ini. Mungkin ada lebih banyak lagi yang dapat ditemukan di Ganymede saat kami mendapatkan data baru,” ujar Collins.

Ganymede adalah bulan terbesar di seluruh tata surya. Ukurannya 26 persen lebih besar dari planet Merkurius. Ganymede juga juga satu-satunya bulan yang diketahui memiliki medan magnetnya sendiri.

Variasi medan magnet ini membuat para ilmuwan menyimpulkan bahwa Ganymede pasti memiliki lautan air asin bawah tanah yang sangat besar, yang kedalamannya mencapai 95,56 km dan tersembunyi di bawah lapisan es dan batu setebal 150 km. Lautan menjadikan Ganymede kandidat utama keberadaan bentuk kehidupan primitif.

Mengorbit 1,07 juta km dari raksasa gas Jupiter, Ganymede tertanam dalam medan magnet Jupiter dan  gravitasi yang sangat besar yang menarik asteroid dan komet yang lewat.

Interaksi antara medan magnet Ganymede dan Jupiter memunculkan aurora terang. Aurora Ganymede ditemukan dalam gambar dari Teleskop Luar Angkasa Hubble, tetapi terbang lintas Juno baru-baru ini memungkinkan para ilmuwan untuk mendapatkan lebih banyak wawasan tentang tampilan ini.

“Kami sekarang dapat melihat lokasi yang tepat dari emisi (aurora),” kata Pippa Molyneaux, seorang peneliti di Southwest Research Institute di San Antonio, Texas.

 

Ganymede akan menjadi target utama European Jupiter Icy Moons Explorer (JUICE) mendatang, yang diharapkan diluncurkan tahun depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement