Senin 21 Mar 2022 07:44 WIB

Penjelajah NASA Mencapai Delta di Kawah Jezero Mars

Kawah Jezero, tempat sebuah danau yang telah ada miliaran tahun lalu.

Rep: mgrol136/ Red: Dwi Murdaningsih
 Wahana penjelajah Planet Mars, Perseverance kembali menyelidiki batuan di Kawah Jezero di Mars.
Foto:

Bagaimana penjelajah Perseverance bekerja?

Perintah mengemudi untuk penjelajah robot ditulis oleh tim ahli perencanaan mobilitas. Perseverance memiliki 14 orang yang melakukan rotasi shift sebelum penjelajah diluncurkan.

Perseverance mengirimkan kembali data sehingga para perencana dapat memvalidasi kemajuan penjelajah, dan arahan mencapai Mars melalui Jaringan Luar Angkasa NASA. Beberapa rencana membutuhkan waktu berhari-hari untuk diselesaikan, seperti perjalanan baru-baru ini yang menempuh jarak 1.673 kaki (510 meter) dan membutuhkan ribuan perintah penjelajah individu.

AutoNav bermanfaat untuk mengemudi di medan datar dengan potensi bahaya sederhana yang mudah dideteksi dan diatasi oleh penjelajah, seperti bebatuan besar dan lereng.

AutoNav adalah hasil pengembangan sistem self-driving yang sebelumnya dikembangkan untuk penjelajah Spirit, Opportunity, dan Curiosity NASA. Apa yang membedakan AutoNav adalah kemampuannya untuk "berpikir saat mengemudi".

Ini memungkinkan Perseverance  untuk menangkap dan mengevaluasi gambar saat bepergian. Penjelajah kemudian menavigasi menggunakan foto-foto sebagai panduan. Apakah batu itu terlalu dekat? Akankah perutnya bisa membersihkan batu itu? Bagaimana jika roda bajak tergelincir?

Kamera Perseverance yang lebih cepat memungkinkannya menangkap gambar dengan cukup cepat untuk memproses rutenya secara real time. erseverance memiliki komputer ekstra yang didedikasikan hanya untuk pemrosesan gambar.

"Pada penjelajah terdahulu, otonomi berarti melambat karena data harus diproses di satu komputer," kata Maimone. 

"Komputer ekstra ini sangat cepat dibandingkan dengan yang kami miliki di masa lalu, dan mendedikasikannya untuk mengemudi berarti Anda tidak perlu berbagi sumber daya komputasi dengan lebih dari 100 tugas lainnya."  kata Maimone. 

 

Selama drive AutoNav, manusia tidak sepenuhnya keluar dari gambaran. Mereka masih menggunakan gambar yang diambil dari orbit oleh pesawat luar angkasa seperti NASA's Mars Reconnaissance Orbiter untuk merencanakan rute dasar. Mereka kemudian membuat zona "keep out" dan "keep in" untuk membantu Perseverance menavigasi rintangan seperti jebakan pasir yang berbahaya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement