Senin 14 Mar 2022 06:02 WIB

Google Siapkan Fitur Kompresi Aplikasi untuk Hemat Space di Ponsel

Dengan fitur kompres, pengguna bisa mengaktifkan kembali aplikasi jika diperlukan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Google Play Store. Ilustrasi
Foto: androidheadlines.com
Google Play Store. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Betapa pun banyak banyak ruang penyimpanan yang Anda miliki ponsel, cukup mengejutkan betapa cepatnya Anda mulai kehabisan ruang. Hal ini karena ukuran aplikasi dan gim yang sekarang tersedia rata-rata semakin besar. Belum lagi ditambah dengan jumlah foto yang diambil oleh pengguna.

Secara tradisional, solusi untuk masalah ini adalah menelusuri galeri foto, menghapus semua jepretan yang tidak diperlukan. Selain itu juga menghapus aplikasi yang ada. Sekarang Google telah memiliki opsi lain yang dapat diterapkan oleh pengguna: kompresi atau pengarsipan aplikasi.

Baca Juga

Google baru-baru ini membagikan informasi tentang fitur yang akan datang dalam sebuah posting blog. Lidia Gaymond dan Vicki Amin, Manajer Produk di Google Play, mengungkapkan bahwa fitur baru itu akan memungkinkan pengguna untuk mendapatkan kembali sekitar 60 persen dari penyimpanan aplikasi. Fitur itu adalah kompresi.

Kompresi aplikasi dimaksudkan sebagai tindakan sementara. Tidak mungkin menggunakan aplikasi saat dikompresi. Dalam posting blog, dilansir dari Betanews,Senin (14/3/2022), Google mengatakan pengarsipan atau kompresi adalah fungsi baru yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan kembali 60 persen penyimpanan aplikasi untuk sementara dengan menghapus bagian-bagian aplikasi alih-alih mencopotnya sepenuhnya.

Aplikasi yang diarsipkan akan tetap ada di perangkat dan dapat dengan mudah dipulihkan ke versi kompatibel terbaru yang tersedia, sambil mempertahankan data pengguna.

“Dengan dirilisnya versi Bundletool 1.10 yang akan datang, kami mengambil langkah pertama untuk membuat pengarsipan tersedia untuk semua pengembang yang menggunakan App Bundle. Untuk aplikasi yang dibuat dengan Android Gradle pLugin 7.3, kami akan mulai membuat jenis APK baru-APK yang diarsipkan. APK yang diarsipkan adalah APK yang sangat kecil yang menyimpan data pengguna hingga aplikasi dipulihkan. Meskipun kami akan mulai membuat APK yang diarsipkan sekarang, APK tersebut tidak akan berfungsi sampai fungsi pengarsipan diluncurkan ke konsumen di akhir tahun.”

Perusahaan menambahkan, setelah diluncurkan, pengarsipan akan memberikan manfaat besar bagi pengguna dan pengembang. Alih-alih mencopot pemasangan aplikasi, pengguna akan dapat “mengarsipkannya”- mengosongkan ruang sementara dan dapat mengaktifkan kembali aplikasi dengan cepat dan dengan mudah.

“Pengembang dapat memperoleh manfaat dari pencopotan pemasangan yang lebih sedikit dan gesekan yang jauh lebih rendah untuk mengambil kembali dengan aplikasi favorit mereka,” kata perusahaan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement