Selasa 08 Mar 2022 09:20 WIB

Google Doodle Ramaikan Hari Perempuan Internasional, Ini Sejarahnya

Hari perempuan menyerukan aksi untuk memajukan kesetaraan gender.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Google doodle menampilkan hari perempuan internasional

Mengenal Hari Perempuan Internasional

Hari Perempuan Internasional diperingati setiap tahun pada 8 Maret dan merayakan pencapaian sosial, ekonomi, budaya, dan politik dari perempuan,menurut situs web Hari Perempuan Internasional. Hari itu juga menyerukan aksi untuk memajukan kesetaraan gender.

Dilansir dari USA Today, Selasa (8/3/2022), Hari Perempuan Internasional lahir dari gerakan hak-hak perempuan di negara-negara industri pada awal 1900-an. Partai Sosialis Amerika pertama kali mendeklarasikan Hari Perempuan Nasional pada tahun 1909.

Hari itu akan diperingati pada hari Ahad terakhir bulan Februari sampai tahun 1913. Pada tahun 1910, pada Konferensi Internasional Perempuan Buruh yang kedua, pertemuan perempuan dari aktivis dan organisasi politik di Kopenhagen, gagasan Hari Perempuan Internasional diusulkan dan disetujui.

Hari itu akan diperingati untuk pertama kalinya pada tahun berikutnya pada 19 Maret 1911 di beberapa negara Eropa. Perayaan itu termasuk aksi unjuk rasa dan acara yang menyerukan hak perempuan untuk memilih dan diakhirinya diskriminasi gender.

Tanggal 8 Maret telah menjadi tanggal tetap untuk Hari Perempuan Internasional sejak 1914, ketika hari itu dipindahkan agar sejalan dengan wanita Rusia yang merayakan hari itu pada 23 Februari di kalender Gregorian. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pertama kali mengakui Hari Perempuan Internasional pada tahun 1975.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement