Selasa 08 Mar 2022 09:20 WIB

Google Doodle Ramaikan Hari Perempuan Internasional, Ini Sejarahnya

Hari perempuan menyerukan aksi untuk memajukan kesetaraan gender.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tanggal 8 Maret diperingati sebagai hari Perempuan Internasional. Hari ini Selasa (8/3/2022) Google Doodle menghadirkan tayangan slide animasi yang memberikan gambaran sekilas tentang kehidupan sehari-hari para perempuan di berbagai budaya.

Total ada tujuh slide yang dihadirkan Google Doodle. Slide pertama dalam animasi tersebut, ada seorang ibu yang bekerja dari rumah dengan anak-anaknya berada di dekatnya.

Baca Juga

Ini tergambar dari ibu ,yang sedang menggendong bayi, duduk di sofa berwarna merah dan di depannya terdapat laptop. Saat mengetik di laptop, dia sesekali menengok ke arah anaknya yang lain.

Slide kedua menggambarkan seorang ahli bedah di ruang operasi. Ahli bedah tersebut dibantu oleh dua orang lainnya saat menjalankan tugasnya.

Slide ketiga ada seorang perempuan melakukan perawatan diri melalui hobi favoritnya dan menikmati waktu bersama orang-orang tercinta. Dia tampak menyiram tanaman dan melambaikan tangan pada dua anak yang sedang bermain ayunan.

Tiba di slide keempat, ada seorang seniman yang menyempurnakan keahliannya. Dia mengerjakan pekerjaannya sambil duduk dan diterangi sebuah lampu yang berada di meja.

Slide kelima, seorang perancang busana yang mengelola lini pakaiannya. Perempuan berbaju biru ini sedang menyempurnakan rancangan gaun pendek miliknya. Dia tampak ditemani oleh tiga karyawannya.

Yang menarik, slide keenam ini berisi seorang mekanik sepeda motor mengajarkan keterampilan kepada generasi berikutnya.  Perempuan dan anak perempuan di slide ini tampaknya berada di bengkel sepeda motor.

Di slide terakhir, ada seorang pembuat film menangkap adegan di alam liar. Perempuan ini mengarahkan kamera profesionalnya ke arah kumpulan hewan-hewan di alam liar dari lokasi seperti bukit yang tinggi.

Karya Doodle ini diilustrasikan oleh Doodle Art Director Thoka Maer. Dilansir dari Google Doodle, Rabu (8/3/2022), Maer berbagi harapan dari pikiran dan perasaan orang-orang di seluruh dunia ketika mereka melihat karyanya.

“Saya berharap bahwa perempuan merasa dilihat dan dihargai untuk apa pun yang mereka lakukan dan lakukan saat ini. Bangun di pagi hari dan menjalani hari. Mencuci piring, mempertahankan pekerjaan atau melepaskannya, mengurus diri sendiri dan orang lain. Hal-hal yang sangat mendasar itu telah menjadi pekerjaan besar sejak awal pandemi,” ujar Maer.

Maer ingin semua perempuan dapat benar-benar memilih kehidupan yang ingin mereka jalani dan menerima semua rasa hormat yang layak mereka dapatkan.

“Seorang ibu yang tinggal di rumah membuat seluruh dunia untuk anak-anaknya. Seorang CEO membuat inovasi dan membuat karyawannya termotivasi dan bahagia. Seniman yang tidak memiliki rumah menyenangkan orang asing dan menikmati kebebasannya. Mengemudi truk, memperjuangkan hak-hak perempuan, pergi ke sekolah, atau membuat makanan. Kita semua bangun di pagi hari dan kita semua memiliki tujuan besar atau kecil. Itu semua penting,” katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement