Jumat 04 Mar 2022 13:33 WIB

Fitur Keamanan Baru Windows 11 Bantu Blokir Aplikasi Berbahaya

Fitur Smart App Control saat ini tersedia untuk Windows Insiders.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Menu Start WIndows 11
Foto: microsoft
Menu Start WIndows 11

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Internet bisa menjadi tempat berbahaya dan beberapa aplikasi yang baru diunduh memiliki malware. Malware bisa mencuri data Anda secara bebas. Oleh karena itu, penting memiliki perlindungan di perangkat Anda.

Microsoft menambahkan fitur keamanan Windows 11 baru yang akan membantu Anda memblokir aplikasi yang berpotensi berbahaya. Sistem itu disebut Smart App Control atau Kontrol Aplikasi Cerdas (SAC) dan saat ini tersedia untuk Windows Insiders.

Baca Juga

photo
Fitur Smart App Control di Windows 11 - (microsoft)
 

Fitur keamanan Windows 11 akan melindungi Anda dari aplikasi berbahaya

Fitur seperti SAC sebenarnya ada di versi Windows sebelumnya. Windows 10 memiliki SmartScreen yang mengobrak-abrik file Anda, halaman yang Anda kunjungi di browser Anda, dan file yang Anda unduh. Sementara SAC akan memungkinkan integrasi yang lebih baik dari beberapa perlindungan yang sama.

Meskipun SmartScreen dinilai membantu, itu tak terlepas dari kebiasaan buruk seperti memblokir file yang sebenarnya diinginkan pengguna. File itu bisa saja tidak memiliki niat jahat. Jadi, peluncuran SAC bisa saja memiliki tindakan serupa seperti SmartScreen.

Namun, sepertinya Microsoft telah mengambil pendekatan yang berbeda kali ini. Alih-alih menyalakannya secara default, SAC akan berjalan dalam mode evaluasi untuk menentukan apakah Anda membutuhkannya.

“SAC pertama kali dikonfigurasi dalam mode evaluasi. Sementara SAC dalam mode evaluasi, itu akan belajar apakah dapat membantu melindungi Anda tanpa terlalu banyak menghalangi Anda. Jika sudah, otomatis akan menyala dan jika tidak, itu akan dimatikan secara otomatis,” kata postingan blog tentang fitur tersebut.

Anda dapat menambahkan informasi pembayaran ke Windows 11

photo
Windows 11 menambahkan fitur pembayaran. - (microsoft)
 

Dikutip BGR, Jumat (4/3/2022), perubahan besar lainnya memungkinkan Anda menyimpan informasi pembayaran langsung di akun Windows 11. Ini adalah pembaruan untuk alat manajemen langganan yang ditambahkan Microsoft pada bulan Oktober.

Pada dasarnya, fitur baru ini akan memungkinkan Anda memasukkan informasi kartu kredit dan membuat langganan Anda tetap terbarui dan memberi tahu jika kartu Anda kedaluwarsa atau ada masalah pembayaran.

Ini adalah isyarat yang bagus bagi pengguna yang menggunakan Microsoft 365. Sekarang setelah Anda menyimpan informasi kartu kredit di PC, mungkin ada baiknya Microsoft menjatuhkan fitur keamanan Windows 11 yang baru. Microsoft juga telah menambahkan daftar manfaat yang bisa Anda dapatkan jika berlangganan Office 365. Ini akan berguna bagi mereka yang belum memulai Microsoft Office versi cloud.

Pada akhirnya, uji coba ini tampaknya merupakan langkah ke arah yang benar. Akan menarik untuk melihat bagaimana SAC dan fitur keamanan Windows 11 lainnya yang diperkenalkan Microsoft di dunia nyata.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement