Rabu 23 Feb 2022 12:56 WIB

Microsoft Uji Watermark untuk PC Windows 11 yang tak Kompatibel

Peringatan ini di dua tempat yakni di desktop dan aplikasi pengaturan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Tampilan menu Start di Windows 11 digeser ke kiri.
Foto: the verge
Tampilan menu Start di Windows 11 digeser ke kiri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persyaratan untuk bisa menginstal Windows 11 menyebabkan beberapa perdebatan serius tahun lalu. Microsoft menyatakan bahwa persyaratan tersebut ada untuk alasan keamanan. Keputusan Microsoft membuat marah banyak orang yang menantikan Windows 11 dan beberapa solusi ditemukan untuk melewati persyaratan.

Bahkan jika perangkat Anda tidak memenuhi persyaratan, dimungkinkan untuk menginstal paksa OS ke perangkat Anda. Faktanya, Microsoft memiliki pemeriksaan TPM dan CPU di Asisten Instalasi dan menginstal Windows 11 pada perangkat keras apa pun yang mampu menjalankan Windows 10.

Baca Juga

Dalam dokumentasi yang sama, Microsoft sebelumnya memperingatkan bahwa perangkat yang gagal memenuhi persyaratan tidak akan lagi dijamin untuk menerima pembaruan. Pejabat Microsoft juga menyimpulkan bahwa tidak “disarankan” untuk menginstal paksa Windows 11 karena persyaratan memastikan kinerja dan keamanan yang lebih baik.

Jika Anda  telah menginstal Windows 11 pada perangkat yang tidak didukung, Anda mungkin akan segera melihat watermark baru di desktop. Watermark, yang muncul di atas jam taskbar, mirip dengan kesalahan “Windows tidak diaktifkan”, tetapi tidak akan memengaruhi aplikasi, jendela, atau browser web.

Watermark desktop hanya menyatakan “persyaratan sistem tidak terpenuhi” dan mungkin mengganggu beberapa pengguna. Namun, ini mungkin tidak terlalu mengejutkan, karena Microsoft sebelumnya memperingatkan pengguna tentang kemungkinan ‘kerusakan’.

Dilansir dari Windows Latest, Rabu (23/2/2022) peringatan juga akan muncul di dalam aplikasi Pengaturan dan itu akan mengingatkan pengguna bahwa perangkat mereka tidak didukung secara resmi.

Saat ini, Anda akan menemukan peringatan ini di dua tempat yakni di desktop dan aplikasi Pengaturan. Sejauh ini, pemberitahuan ini dapat diabaikan dengan aman dan tidak memengaruhi pengalaman pengguna secara keseluruhan karena watermark terbatas pada desktop atau halaman Pengaturan saja.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement