Jumat 18 Feb 2022 15:02 WIB

Dua Fitur Baru Android Bakal Disukai Pengguna Windows 11

Fitur baru Android akan permudah pengguna Windows 11.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Nora Azizah
Fitur baru Android akan permudah pengguna Windows 11.
Foto: Ubergizmo
Fitur baru Android akan permudah pengguna Windows 11.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Android 13 beta pertama tersedia untuk diinstal di Pixel 6 dan perangkat lain. Pratinjau pengembang pertama memungkinkan pembuat aplikasi Android mengerjakan sistem operasi baru.

Orang-orang telah menelusuri Android 13 dan menemukan dua fitur hebat yang akan disukai pengguna Windows 11. Pertama, sistem operasi seluler baru Google dapat menghadirkan pengalaman Windows 11 tervirtualisasi penuh. Kedua, Android 13 memungkinkan pengguna mengalirkan aplikasi apa pun di ponsel mereka ke laptop atau desktop mereka.

Baca Juga

Ponsel pintar atau smartphone adalah perangkat terpenting yang dimiliki kebanyakan orang dan cara utama untuk berkomunikasi dengan orang lain, menjelajahi web, dan membeli barang. Kemudian muncul tablet yang menawarkan fitur sama dengan keuntungan tambahan dari layar yang lebih besar. Ini akan berfungsi lebih baik untuk bekerja atau hiburan.

Akan tetapi, PC tidak akan hilang dalam waktu dekat. Penjualan PC meningkat selama pandemi karena lebih banyak orang bekerja dan belajar dari rumah.

Sementara perangkat terpisah ini hidup berdampingan, perusahaan telah bekerja untuk menyatukan pengalaman. Apple memiliki fitur Continuity di iOS dan macOS yang memudahkan untuk menyulap iPhone, iPad, dan Mac.

Sedangkan Microsoft memiliki Windows 11 yang membawa dukungan untuk menjalankan aplikasi Android lengkap dan Android 13 mungkin memberikan alat Google yang memungkinkan pengguna Android untuk memindahkan pengalaman seluler mereka ke PC. Itu termasuk Windows 11, Mac, dan Chrome.

 

Menjalankan Windows 11 di Android 13

Seorang pengembang memposting di Twitter yang menunjukkan dia bermain Doom di Windows 11 yang dimuat di mesin virtual di Pixel 6. Itu bukan jenis pengalaman yang Anda inginkan di perangkat seluler dengan layar kecil. Namun, alat tersebut membuktikan kemampuan virtualisasi Android 13 sangat bagus sehingga memungkinkan orang menjalankan versi Windows 11 ARM di perangkat Android.

Beberapa profesional akan membutuhkan akses semacam itu ke Windows 11. Mereka mungkin ingin memanfaatkan fitur tersebut dan ini akan berfungsi paling baik di perangkat Android 13 dengan layar yang lebih besar, seperti perangkat yang dapat dilipat dan tablet.

Untuk menjalankan Windows 11 di Android 13 mungkin bukan jenis fitur yang dibutuhkan semua pengguna Android. Streaming aplikasi Android di PC terdekat adalah sesuatu yang sama sekali berbeda. Banyak orang ingin memanfaatkan pengalaman seperti itu.

 

Streaming aplikasi Android di PC

Dikutip BGR, Jumat (18/2), dalam acara CESS 2022 lalu, Google mengatakan akan berencana untuk membiarkan pengguna mengakses aplikasi obrolan apa pun di ponsel Android langsung dari Chromebook tanpa harus benar-benar menginstal aplikasi di perangkat Chrome OS. Google mungkin mengacu pada fitur Android 13 yang ditemukan 9to5Google.

Pratinjau pengembang Android 13 pertama mencakup dua aplikasi layanan Cross Device yang memungkinkan Anda memasangkan ponsel dengan PC Windows 11 atau OS lainnya dan komputer Chrome OS. Aplikasi ini menawarkan fungsionalitas serupa meskipun Chrome OS memberi Google kontrol yang lebih baik dalam hal pengalaman keseluruhan.

Yang jelas, aplikasi ini membuktikan Google sedang dalam tahap lanjutan untuk memungkinkan pengguna Android 13 mengalirkan aplikasi mereka ke Windows 11 atau OS lainnya. Sampai saat ini tidak jelas kapan fitur Android 13 akan tersedia dan perangkat apa yang akan mendukungnya.

Namun, streaming aplikasi ke perangkat Windows 11 adalah jenis fitur Android yang mungkin cukup populer di kalangan pengguna PC. Oleh karena itu, ini adalah jenis pengalaman yang ingin didemonstrasikan oleh Google dengan sangat rinci di acara seperti I/O 2022 saat sudah siap.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement