Selasa 22 Feb 2022 21:50 WIB

Studi Temukan Awal Mula Kenaikan Permukaan Laut

Dari 1940 hingga 2000, permukaan laut global mencapai peningkatan 1,4 mm per tahun.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
 Anak-anak bermain di dekat rumah yang terendam air laut akibat naiknya permukaan air laut di desa Bedono, Jawa Tengah, Senin (8/11/2021). Ilmuwan melakukan analisis kapan pertama kalinya terjadi kenaikan air laut yang tajam.
Foto:

Air laut naik secara berbeda-beda

Di wilayah Atlantik tengah, misalnya, permukaan laut mulai naik pada pertengahan hingga akhir abad ke-19. Namun menurut data dari pantai Atlantik Kanada dan Eropa, tingkat kenaikan permukaan laut tidak menonjol sampai pertengahan abad ke-20.

“Fakta bahwa tingkat modern muncul di semua lokasi penelitian kami pada pertengahan abad ke-20 menunjukkan pengaruh signifikan kenaikan permukaan laut global terhadap planet kita pada abad terakhir,” kata ilmuwan lingkungan Jennifer Walker dari Rutgers University.

“Analisis lebih lanjut dari variabilitas spasial dalam waktu kemunculan di lokasi yang berbeda akan terus meningkatkan pemahaman masyarakat tentang bagaimana proses regional dan lokal berdampak pada tingkat kenaikan permukaan laut,” ujarnya.

 

Perkiraan global sebelumnya juga menemukan percepatan permukaan laut yang signifikan dimulai pada abad ke -19. Laporan terbaru dari Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) mengungkapkan peningkatan yang berkelanjutan antara 1820 dan 1860.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement