Sabtu 19 Feb 2022 04:24 WIB

5 Tips Bantu Baterai iPhone Tetap Awet

Perhatikan suhu karena baterai bertenaga lithium ion sensitif terhadap suhu ekstrem.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Ponsel iPhone / Ilustrasi
Foto:

Jangan biarkan iPhone Anda kepanasan saat mengisi daya

Seperti disebutkan sebelumnya, panas adalah pembunuh baterai. Jadi, pastikan iPhone Anda tidak terlalu panas saat sedang diisi daya. Menurut Apple, panas memang merusak kapasitas baterai secara permanen, tidak seperti cuaca dingin ekstrem yang hanya mengurangi kapasitas baterai untuk sementara.

Panas dapat mengubah struktur internal bahan kimia baterai yang selanjutnya dapat merusak indikator tegangan. Indikator tegangan yang rusak tidak akan dapat mengoptimalkan aliran arus yang mengakibatkan pengisian daya iPhone yang berlebihan. Pada akhirnya itu akan merusak baterai dan iPhone Anda.

Gunakan aksesori pengisian daya MFi

Salah satu alasan paling umum yang menyebabkan kesehatan baterai iPhone buruk adalah penggunaan aksesori pengisian daya yang tidak disertifikasi oleh Apple. Selalu pastikan bahwa kabel pengisi daya dan adaptor bersertifikasi MFi.

MFi adalah singkatan dari Made for iPod, Made for iPhone, dan Made for iPad. Hanya merek yang lulus uji perangkat dan fasilitas Apple yang ketat yang dapat memasang logo MFi pada produk mereka. Jadi, pastikan untuk selalu melihat logo MFi pada aksesori pengisian daya.

Aktifkan pengisian baterai yang dioptimalkan

Dikutip Techi Tech, Jumat (18/2), pengisian baterai yang dioptimalkan diperkenalkan dengan iOS 13 dapat meningkatkan kesehatan baterai Anda. Layanan ini menggunakan pembelajaran mesin untuk belajar dari kebiasaan pengisian daya harian Anda dan memprediksi kapan iPhone Anda akan diisi daya untuk jangka waktu yang lebih lama.

Misalnya, banyak orang memiliki kebiasaan mengisi daya iPhone mereka dalam semalam. Jadi, algoritme pembelajaran mesin akan bertujuan untuk memastikan bahwa pada saat Anda bangun, iPhone terisi 100 persen.

 

Algoritme melakukan ini untuk memastikan lebih sedikit waktu yang dihabiskan untuk mengisi daya iPhone. Saat fitur dihidupkan, itu akan menunjukkan waktu yang dijadwalkan saat iPhone akan terisi 100 persen. Anda dapat mengetuk opsi “Charge now” untuk langsung mengisi daya hingga 100 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement