Selasa 15 Feb 2022 01:20 WIB

Android 13 Disebut Tiramisu

Tiramisu merupakan hidangan penutup khas italia dengan taburan bubuk kakao di atasnya

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Sistem android. Ilustrasi
Foto: Ubergizmo
Sistem android. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Android 13 versi pratinjau pengembang pertama yang dirilis Google terkonfirmasi kode nama untuk sistem operasi (OS) tersebut adalah Tiramisu. Jika Anda masuk ke pengaturan pratinjau pertama Android 13, Anda akan melihat Tiramisu di bawah Versi Android.

Tiramisu merupakan hidangan penutup khas italia dengan taburan bubuk kakao di atasnya. Biasanya, orang makan tiramisu dengan sendok sehingga digolongkan dalam hidangan al cucchiaio. Tiramisu tidak dibuat dari adonan dan tidak dipanggang. Makanan penutup Italia itu telah muncul sejak Juli tahun lalu.

Baca Juga

Meskipun setiap versi Android belum dinamai secara publik setelah Android 10 tahun 2019, tradisi ini masih hidup secara internal di Google. Untuk versi Android 10 dengan kode nama Quince Tart, Android 11 dengan kode nama Red Velvet Cake, dan Android 12 dengan Snow Cone.

Dikutip The Verge, Senin (14/2), kini publik tahu Google telah menetapkan Tiramisu sebagai kode nama. Oleh karena itu, publik menerka pada opsi berbasis “U” untuk kode nama Android 14 yang lebih rumit. “Upside-down cake” merupakan satu-satunya makanan penutup utama yang dapat dipikirkan meskipun Wikipedia memberikan informasi ada makanan penutup “Uštipci” seperti donat yang tampaknya populer di Eropa Tenggara dan “Otap” Filipina terkadang disebut dengan nama “ Utap.”

Dilansir 9to5google, kesulitan dalam menebak nama kode nama untuk Android 14 sama seperti pada versi Android 10 dengan awalan “Q.” Kemungkinan tebakan ini akan terus berlangsung dan akan terjawab sampai Android 14 muncul.

Tentu saja, fitur tersembunyi atau tradisi game yang dikenal dengan sebutan easter egg di Android 13 belum berubah. Kemungkinan besar, ini tidak akan disesuaikan hingga rilis beta final yang saat ini dijadwalkan pada musim panas nanti.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement