Kamis 10 Feb 2022 11:56 WIB

Reddit Tambahkan Fitur Baru untuk Live Audio

Reddit meluncurkan meluncurkan produk obrolan audio langsungnya bernama Reddit Talk.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Logo aplikasi Reddit.
Foto: TechCrunch
Logo aplikasi Reddit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Reddit mengatakan akan menambahkan fitur baru ke produk audio langsungnya. Langkah ini merupakan tanda mereka sedang bereksperimen dengan memberi pengguna lebih banyak cara untuk mengobrol tentang berbagai topik.

Perusahaan yang menjadi go public setelah Maret ini meluncurkan produk obrolan audio langsungnya bernama Reddit Talk hampir setahun yang lalu di bulan April. Sekarang Reddit akan mulai menyoroti obrolan audio langsung di bagian atas feed beranda sebagai bagian dari pengujian. Fitur itu dapat memudahkan pengguna untuk menemukan obrolan audio langsung.

Baca Juga

Selain itu, pengguna juga dapat mendengarkan rekaman Reddit Talks dan berpartisipasi dalam obrolan di platform media sosial versi web. Pengguna Reddit Talk dapat menggunakan teks dan emoji selama obrolan audio langsung.

“Reddit adalah tempat bagi siapa pun untuk berdiskusi tentang hal-hal yang mereka sukai. Jadi, ini memungkinkan mereka untuk memilikinya dengan cara multimedia baru yang sangat penting bagi kami,” Pimpinan Komunikasi Konsumen dan Produk Reddit Tim Rathschmidt.

Obrolan audio langsung mulai tumbuh pada tahun 2020 ketika orang-orang menjauhkan diri dari keluarga dan teman-teman mereka selama pandemi Covid-19. Mengikuti popularitas aplikasi audio sosial Clubhouse, perusahaan teknologi besar termasuk Reddit, Facebook, Twitter, Discord, dan Spotify juga mendorong produk audio langsung mereka.

Namun, meningkatnya popularitas live audio membuat konten misinformasi virus Covid-19 dan ujaran kebencian menjadi lebih sulit terdeteksi. Pada Desember lalu, The Washington Post melaporkan Twitter tidak mengawasi obrolan audio langsungnya. Kondisi itu dimanfaatkan oleh pihak seperti aktivis anti-vaksin dan nasionalis kulit putih.

Sementara Reddit hanya mengizinkan moderator di komunitas tertentu untuk memulai obrolan audio langsung karena masalah moderasi konten. Rathschmidt mengatakan tidak ada rencana untuk memperluas fitur audio langsung ke pengguna Reddit di luar moderator tetapi itu tidak keluar dari kemungkinan.

Dilansir CNet, (10/2), sejak tahun 2020, hype seputar live audio telah mereda. Pada bulan April, Clubhouse memiliki 922 ribu unduhan secara global, turun 66 persen dari 2,7 juta unduhan pada bulan Maret. Kemudian unduhan melonjak selama musim panas setelah Clubhouse merilis aplikasi versi Android.

Reddit menolak mengatakan jumlah orang yang menggunakan produk audio langsungnya. Namun, dalam tiga bulan terakhir, Reddit telah melihat lebih dari 250 persen pertumbuhan pendengar aktif harian Reddit Talk. Alat ini telah digunakan di lebih dari 1.000 subreddit, tempat orang mendiskusikan topik seperti cryptocurrency, film, dan saran hubungan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement