Jumat 16 Jun 2023 16:47 WIB

Reddit Terapkan Kebijakan Baru Mulai 19 Juni, Pengguna Protes

Reddit punya sejarah panjang sebagai salah satu situs yang paling banyak dikunjungi.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Logo aplikasi Reddit. Pengguna memprotes kebijakan baru Reddit yang akan diberlakukan mulai 19 Juni 2023.
Foto: TechCrunch
Logo aplikasi Reddit. Pengguna memprotes kebijakan baru Reddit yang akan diberlakukan mulai 19 Juni 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Reddit, forum daring yang berisi meme dan konten viral dunia menjadi sasaran protes massal pengguna pada awal pekan ini. Bahkan, situs forum daring ini sempat mengalami down atau tidak bisa diakses dan diyakini sebagai imbas protes besar-besaran yang dilakukan oleh pengguna dan subredditor (pemilik forum). 

Pengguna Reddit saat ini melakukan protes massal terkait kebijakan baru soal penggunaan API (Application Programming Interface) Reddit berbayar. Kebijakan ini akan dimulai pada 19 Juni 2023. Sebelumnya, API Reddit ini tidak dipungut biaya alias gratis. Perubahan ini diprediksi membuat biaya operasional aplikasi alternatif Reddit populer makin mahal, salah satunya Apollo.

Baca Juga

Pendiri Apollo, Christian Selig, mengestimasikan, harus membayar lebih dari 20 juta dolar AS (setara Rp 297,4 miliar) per tahun untuk mengoperasikan aplikasinya. Protes ini bisa menjadi momen menentukan bagi Reddit, sebuah perusahaan yang telah berjuang untuk menghasilkan keuntungan konsisten bagi pemiliknya. Reddit memiliki sejarah panjang sebagai salah satu situs yang paling banyak dikunjungi dan berpengaruh di internet.

Sebagian pengguna menganggap, manajemen Reddit telah mengecewakan orang-orang yang memberikan nilai bagi Reddit. Banyak pengguna memulai protes lebih awal dengan pemogokan konten. Beberapa pengguna mengancam akan berhenti karena masalah ini. 

 “Saya memiliki hampir 12 tahun di akun ini dengan keterlibatan reguler sepanjang waktu. Setelah Apollo hilang, saya selesai, ” tulis seorang pengguna pada pekan lalu. 

CEO Reddit Steve Huffman mengatakan, Reddit harus mengendalikan biaya termasuk "puluhan juta dolar" setahun yang dihabiskan untuk mendukung aplikasi seperti Apollo. “Kami akan terus didorong oleh keuntungan sampai keuntungan tiba. Tidak seperti beberapa aplikasi 3P, kami tidak menguntungkan,” katanya mengacu pada aplikasi pihak ketiga. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement