Kamis 10 Feb 2022 04:18 WIB

Cara Melatih Kebiasaan Digital yang Baik untuk Anak Zaman Now

Anak-anak sekarang banyak menghabiskan waktu dengan teknologi.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
 Pandemi Covid-19 mau tak mau membuat anak menjadi dekat dengan internet dan gadget.
Foto:

Batasi notifikasi berlebihan

Saat perangkat kita terus-menerus mengirimkan notifikasi, kita dapat dengan mudah kewalahan dan kehilangan konsentrasi. Batasi peringatan di ponsel anak-anak Anda sehingga mereka tidak teralihkan dari tugas sekolah atau tugas lainnya- dan agar mereka dapat menyelesaikan pekerjaan rumah lebih cepat.

Mengikuti tata cara dalam dunia digital

Sama seperti di dunia nyata, aturan tidak tertulis mengatur perilaku Internet. Orang biasanya menguasainya hanya dengan berkomunikasi secara online, tetapi anak-anak membutuhkan bantuan untuk menghindari situasi yang membingungkan, jadi Anda harus mendiskusikan beberapa hal yang mungkin mereka hadapi secara online. Misalnya, diskusikan perbedaan antara berkomunikasi melalui email, di jejaring sosial, dan di aplikasi perpesanan.

Penting juga untuk menjelaskan perilaku yang dapat diterima. Satu aturan praktis adalah bertanya sebelum memposting: apakah saya dapat mengatakan ini secara langsung? Menulis penghinaan dan merendahkan orang secara online adalah tindakan lebih dari kasar, itu bisa menjadi konsekuensial.

Menata dan mengelola informasi dengan baik

Ada yang mengatakan telepon atau komputer yang terorganisir mencerminkan pikiran yang terorganisir. Lemari yang berantakan mungkin tidak terlalu memengaruhi kehidupan anak Anda, tetapi kehilangan kata sandi atau file hingga melupakan nomor telepon bisa menjadi masalah. Anak-anak harus belajar mengelola informasi sejak usia dini.

Lebih baik lagi, mereka harus membiasakan membuat salinan cadangan informasi yang paling penting. Maksimalkan drive eksternal — flash drive atau hard drive — atau penyimpanan cloud. Yang terakhir adalah topik penting yang layak didiskusikan secara terpisah.

Jadwalkan detoks digital reguler

Dengan teknologi digital yang hadir ke hampir setiap aspek kehidupan anak-anak, barangkali tidak mungkin untuk menghindari informasi yang berlebihan. Itu berarti anak-anak harus dapat menjauh dan menjadikan Internet sebagai bagian yang bukan prioritas dari kehidupan mereka. 

Pertama dan terpenting, batasi penggunaan jejaring sosial. Mereka cenderung menghabiskan waktu dan energi terbesar pada platform tersebut.

Cara yang lebih efektif, meskipun juga lebih rumit, untuk memerangi kelebihan informasi adalah detoks digital, disaat Anda menyimpan perangkat dan tidak menggunakannya dalam jangka waktu tertentu. Untuk hasil terbaik, lakukan ini secara rutin. Anda dapat menggabungkan detoks dengan wisata alam, olahraga, atau aktivitas bersama teman dengan tidak ada perangkat yang diizinkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement