Selasa 01 Feb 2022 15:46 WIB

Google Drive akan Batasi Cadangan Data WhatsApp Android?

Google secara bertahap membatasi penawaran penyimpanan tak terbatasnya.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Whatsapp
Foto: EPA/Ritchie B.Tongo
Whatsapp

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – WhatsApp mendukung kemampuan untuk mencadangkan penyimpanan tak terbatas di Google Drive. Sayangnya, pengaturan Google bisa berubah dalam waktu dekat. Keterangan rahasia WhatsApp yang diinformasikan WABetaInfo menemukan serangkaian kode pemrograman yang secara khusus merujuk batas Google Drive.

Dikutip Digital Trends, Selasa (1/2), kabar tersebut mungkin tidak mengejutkan, karena Google secara bertahap membatasi penawaran penyimpanan tak terbatasnya. Selama bertahun-tahun, Google menawarkan jatah penyimpanan untuk pelanggan Google Drive.

Baca Juga

Misalnya, ketika Google mengumumkan Foto Google baru pada tahun 2015 yang datang dengan penyimpanan tak terbatas dari perpustakaan foto pribadi orang, asalkan mereka bersedia hidup dengan beberapa batas atas yang masuk akal pada ukuran foto dan video individu. Namun, tahun lalu, perjalanan gratis berakhir dan Google Foto mulai menghitung kuota penyimpanan Google Drive normal.

Beberapa tahun lalu, Google dan WhatsApp membuat perjanjian untuk mengecualikan cadangan dari aplikasi obrolan populer. Ini berarti orang yang menggunakan WhatsApp di Android dapat menikmati penyimpanan tak terbatas di Google Drive untuk data WhatsApp mereka termasuk file terkait apa pun yang mereka kirim atau terima.

Namun, kebijakan tersebut tidak menguntungkan bagi pengguna iPhone. Sebab, Apple tidak menawarkan kesepatakan itu dalam hal menyimpan data. Sayangnya, kesepakatan antara Google dan WhatsApp ini akan segera berakhir. Kode yang ditemukan oleh WABetaInfo di WhatsApp beta terbaru untuk Android mengungkapkan penyimpanan Google Drive sekarang akan terbatas.

Dilansir Android Authority, kabar itu muncul beberapa bulan setelah WABetaInfo menemukan fitur mendatang yang memungkinkan Anda mengelola ukuran cadangan WhatsApp di Android. Fitur ini memungkinkan Anda mengecualikan jenis file tertentu agar tidak dicadangkan, seperti foto, dokumen, dan video.

Sampai saat ini tidak jelas informasi terkait penyimpanan terpisah di Google selain kuota Google Drive normal. Yang jelas, penyimpanan apa pun yang ditawarkan Google akan dibatasi dalam beberapa hal. 

 

https://www.androidauthority.com/whatsapp-unlimited-google-drive-backups-3098944/

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement