Kamis 16 Nov 2023 13:53 WIB

Obrolan WhatsApp Disimpan di Google Drive, Waspadai Ini Dulu

Anda dapat menyimpan riwayat obrolan WhatsApp ke Drive tanpa mengurangi kuota .

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
WhatsApp dan Google mengumumkan bahwa Anda dapat menyimpan riwayat obrolan WhatsApp ke Drive tanpa mengurangi kuota penyimpanan Anda.
Foto: CNN
WhatsApp dan Google mengumumkan bahwa Anda dapat menyimpan riwayat obrolan WhatsApp ke Drive tanpa mengurangi kuota penyimpanan Anda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda mungkin ingin memeriksa batas penyimpanan akun Google jika Anda mencadangkan percakapan WhatsApp Anda ke Drive di Android. Pada tahun 2018, WhatsApp dan Google mengumumkan bahwa Anda dapat menyimpan riwayat obrolan WhatsApp ke Drive tanpa mengurangi kuota penyimpanan Anda. 

Namun, mulai bulan Desember 2023, mencadangkan aplikasi perpesanan ke Drive akan mengurangi ruang penyimpanan cloud akun Google jika Anda adalah pengguna WhatsApp beta. Jika Anda tidak menggunakan versi beta aplikasi, Anda tidak akan merasakan perubahan kebijakan hingga tahun depan ketika aplikasi tersebut secara bertahap tersedia di semua perangkat Android.

Baca Juga

Akun Google pribadi dilengkapi dengan penyimpanan cloud gratis sebesar 15GB yang digunakan bersama di Gmail, Drive, dan Photos. 

Dalam pengumumannya, Google mencatat jumlah tersebut tiga kali lebih banyak dibandingkan kebanyakan platform seluler. Misal, iCloud Apple hanya dilengkapi dengan ruang kosong sebesar 5GB. Namun, sangat mungkin untuk mencapai atau melampaui 15GB tergantung pada jumlah gambar dan file yang telah Anda cadangankan dan unggah.

Dilansir Engadget, Kamis (16/11/2023), Google telah menautkan ke alat manajemen penyimpanannya di postingannya untuk mempermudah menghapus file besar yang tidak lagi Anda perlukan. Anda juga dapat menghapus item dari dalam WhatsApp sehingga item tersebut tidak lagi disertakan dalam cadangan Anda berikutnya. 

Tentu saja, Anda juga memiliki opsi untuk membeli penyimpanan tambahan dengan Google One yang akan membuat Anda mengeluarkan biaya setidaknya dua dolar AS per bulan untuk 100GB. Perusahaan berjanji untuk segera memberikan promosi Google One terbatas satu kali kepada pengguna yang memenuhi syarat. 

Perlu dicatat bahwa perubahan ini hanya akan memengaruhi jika Anda mencadangkan riwayat obrolan menggunakan akun pribadi. Jika Anda memiliki akun Workspace melalui pekerjaan atau organisasi lain, Anda tidak perlu khawatir WhatsApp akan menghabiskan sebagian besar ruang penyimpanan cloud Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement