Rabu 29 Nov 2023 22:31 WIB

Muncul Keluhan Tiba-Tiba File Google Drive Hilang, Apa Pemicunya?

Google mengatakan bahwa mereka sedang menyelidiki laporan masalah tersebut.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Natalia Endah Hapsari
Pengguna Google Drive baru-baru ini melaporkan bahwa file dan folder hilang, dan beberapa mengatakan bahwa data selama berbulan-bulan telah hilang dari akun mereka.
Foto: CNN
Pengguna Google Drive baru-baru ini melaporkan bahwa file dan folder hilang, dan beberapa mengatakan bahwa data selama berbulan-bulan telah hilang dari akun mereka.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Pengguna Google Drive baru-baru ini melaporkan bahwa file dan folder hilang, dan beberapa mengatakan bahwa data selama berbulan-bulan telah hilang dari akun mereka. Kini, 9to5Google telah melaporkan, Google telah mengakui masalah tersebut dan mengatakan bahwa masalah tersebut tampaknya disebabkan oleh aplikasi Drive untuk desktop. 

Tentu saja permasalahan ini cukup memprihatinkan. Dilansir Engadget, Rabu (29/11/2023), salah satu pengguna di forum dukungan Google mengatakan bahwa spreadsheet pengeluaran yang mereka perbarui secara rutin telah kehilangan semua data selama hampir lima tahun terakhir, dengan riwayat versi menunjukkan versi terbaru pada Januari 2019.

Baca Juga

“Saya benar-benar marah karena memiliki semua data penting yang saya tidak punya salinan lokalnya. Saya perlu data ini diambil dengan cara apa pun,” ujar dia. Pengumuman lain mengatakan Drive dikembalikan ke Mei 2023, dengan semua data berikutnya hilang, dan poster lain melaporkan masalah serupa. 

Dalam unggahan Senin (27/11/2023), Google mengatakan bahwa mereka sedang menyelidiki laporan masalah tersebut. 

“Kami sedang menyelidiki laporan tentang masalah yang berdampak pada sebagian kecil pengguna Drive untuk desktop dan akan menindaklanjuti dengan pembaruan lebih lanjut,” kata Google. Dicatat bahwa masalahnya memengaruhi Drive untuk desktop v84.0.0.0 - 84.0.4.09.

Mereka menyarankan pengguna untuk tidak mengeklik “putuskan sambungan akun” dalam Drive untuk desktop dan tidak menghapus atau memindahkan folder aplikasi tertentu bernama DriveFS seperti yang dijelaskan di sini. Bahkan merekomendasikan untuk membuat salinan folder data aplikasi jika Anda memiliki ruang di hard drive Anda. 

Google menawarkan beberapa cara untuk memulihkan (atau setidaknya memeriksa) file yang terhapus. Ini termasuk memeriksa sampah yang kini otomatis dikosongkan setelah 30 hari. 

Ada baiknya juga untuk memeriksa panel aktivitas, yang menunjukkan file apa pun yang dihapus atau dipindahkan beserta tanggal yang relevan. Namun, untuk masalah terbaru ini, panel aktivitas tampaknya tidak menunjukkan bahwa file tersebut hilang, menurut pengguna forum dukungan Google. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement