Ahad 30 Jan 2022 09:18 WIB

Seberapa Berbeda Otak Perempuan dan Pria?

Otak pria lebih besar daripada otak perempuan.

otak manusia
Foto:

Tidak selalu. Jauh di dalam bagian tertua batang otak kita ada perbedaan anatomis. Inilah letak "nucleus prepticus medialis". Ini adalah pusat kendali yang besarnya hanya beberapa milimeter. Pada semua mamalia jantan, ukurannya lebih besar dibanding pada betina. Dan pada pria bahkan dua kali lebih besar.  

Pusat saraf ini mengendalikan dominasi, agresi dan dorongan seks. Pada pria itu saling berkaitan, sedangkan pada perempuan terpisah. Itu bisa menghasilkan perilaku yang berbeda-beda. Sebetulnya seberapa bergunanya lagi mencari perbedaan anatomis di otak, untuk lebih mengerti perbedaan antara pria dan perempuan?  

Tingkah laku dalam kehidupan nyata lebih penting

Dr. Susanne Weis mengungkap, sebetulnya, yang harus kita perhatikan adalah tingkah laku dalam kehidupan nyata. Dan itu jauh lebih rumit, serta ditentukan lebih banyak faktor, dibanding fokus penelitian ilmuwan di laboratorium, yang menggunakan sampel sangat terbatas.

"Oleh karena itu, saya pikir kita harus meninggalkan upaya mencari perbedaan nyata, bahkan dari keinginan untuk membedakan, antara otak perempuan dan pria."

Sepanjang hidup, otak kita terus berubah, tergantung apa yang kita pelajari, dan pengalaman apa yang kita peroleh. Apakah tingkah laku dan minat kita lebih khas perempuan atau khas pria, tergantung didikan dan panutan. 

 

sumber: https://www.dw.com/id/perbedaan-otak-perempuan-dan-pria/a-60591610

 

 

sumber : DW
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement