Senin 17 Jan 2022 15:43 WIB

5 Cara Tingkatkan Keamanan Rumah Pintar

Pastikan semua perangkat pintar yang ada di rumah Anda selalu menggunakan password.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Smart Home. Ilustrasi
Foto:

Amankan jaringan Wi-Fi Anda dan perangkat yang terhubung dengan kata sandi yang kuat.

Anda tidak akan membiarkan pintu depan rumah Anda tidak terkunci dan terbuka lebar bagi siapapun untuk masuk sesuka mereka. Dengan cara yang sama, tutup pintu ke jaringan Wi-Fi rumah Anda dengan kata sandi. Namun, hanya perlu sekejap untuk memecahkan kata sandi yang lemah, jadi membiarkan jaringan Wi-Fi Anda rentan dengan kata sandi yang lemah sama dengan membiarkan pintu depan Anda tidak terkunci bahkan setelah Anda menutupnya.

Mengamankan jaringan rumah Anda dengan kata sandi yang kuat adalah kunci pertama yang melindungi rumah pintar Anda dari gangguan. Demikian pula, Anda ingin mengamankan setiap perangkat pintar Anda dengan kata sandi yang unik, kata sandi yang kuat. Untuk menyetel kata sandi yang kuat untuk perangkat Anda, sebaiknya pertimbangkan menggunakan pengelola kata sandi yang terpercaya.

Pisahkan perangkat IoT di jaringan terpisah.

Jika entitas yang tidak sah mendapatkan akses ke jaringan Wi-Fi Anda, Anda mungkin dapat lebih efektif menahan ancaman dan melindungi data pribadi Anda yang paling sensitif jika Anda menjaga perangkat rumah pintar Anda tetap terisolasi di jaringan yang terpisah dari perangkat utama Anda seperti komputer, ponsel, dan tablet Anda.

Jika router Anda memungkinkan Anda membuat jaringan sekunder, maka Anda dapat mengatur perangkat rumah pintar Anda untuk terhubung ke jaringan terpisah itu alih-alih jaringan utama Anda. Tentu saja, Anda tetap ingin membuat kata sandi yang kuat untuk jaringan perangkat pintar sekunder Anda juga.

Aktifkan pengaturan privasi yang sesuai pada perangkat Anda dan nonaktifkan fitur yang tidak Anda perlukan.

Jangan mengandalkan pengaturan privasi default perangkat Anda untuk melindungi privasi Anda

Produsen perangkat pintar biasanya bertujuan untuk mengumpulkan data sebanyak mungkin untuk mencari cara mengoptimalkan produk mereka dan pada akhirnya menjual lebih banyak. Jadi mereka tidak terlalu tertarik untuk menggunakan perangkat mereka dengan pengaturan privasi default diaktifkan yang akan menempatkan rintangan di jalan mereka untuk mengumpulkan data tersebut.

Buka panel kontrol perangkat Anda dan aktifkan pengaturan yang paling sesuai untuk Anda dan berikan tingkat privasi yang paling nyaman bagi Anda dan keluarga. Saat Anda melakukannya, lanjutkan dan nonaktifkan fitur yang tidak Anda perlukan seperti fitur akses jarak jauh dan kamera serta mikrofon jika tidak secara eksplisit diperlukan untuk fungsi perangkat.

Teliti produsen perangkat sebelum membeli.

Perangkat rumah pintar dapat menambahkan beberapa kenyamanan serius untuk kehidupan Anda di rumah, tetapi jika perangkat yang Anda gunakan tidak aman dan melindungi privasi Anda dengan benar, maka pengorbanannya tidak sepadan.

Luangkan waktu untuk melakukan riset pada perangkat yang Anda pertimbangkan untuk dgunakan di  ruang pribadi Anda sendiri. Terakhir, baca kebijakan privasi produsen, terutama bagian yang berhubungan dengan pengumpulan data.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement