Selasa 04 Jan 2022 16:55 WIB

7 Smartphone Terlaris Sepanjang 2021

Lebih dari 1,04 miliar ponsel pintar terjual selama 2021.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Iphone 12
Foto: apple
Iphone 12

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lebih dari 1,04 miliar ponsel pintar atau smartphone terjual dalam tiga kuartal pertama sepanjang 2021. Menurut perusahaan riset dan konsultan teknologi Gartner, jumlah ini hampir 88,6 juta lebih banyak dibandingkan sembilan bulan pertama pada 2020. 

Setelah lonjakan dua digit setiap tahun dalam dua kuartal pertama pada 2021, penjualan smartphone global turun hingga 6,8 persen setiap tahun di kuartal ketiga. Terdapat sejumlah faktor yang menyebabkan produksi ponsel pintar secara global ditunda. 

Baca Juga

Diantaranya adalah kekurangan komponen utama seperti frekuensi radio dan sirkuit terpadu manajemen daya yang disebabkan situasi pandemi virus corona jenis baru (Covid-19). Hal ini kemudian pada akhirnya menyebabkan penurunan penjualan pada periode Juli hingga September 2021. 

"Ini mengganggu keseimbangan penawaran-permintaan dan pengguna akhir dibebani dengan pilihan terbatas di titik penjualan," ujar laporan dari perusahaan riset dan konsultan teknologi Gartner, dilansir The National, Selasa (4/1). 

Berikut adalah tujuh smartphone terlaris teratas dalam tiga kuartal pertama 2021 menurut pengamat industri Counterpoint Research dan International Data Corporation, yang penelitiannya tidak mengungkapkan jumlah pasti unit yang terjual untuk setiap model.

1. iPhone 12

Apple iPhone 12 menjadi smartphone 5G terlaris di dunia dalam sembilan bulan pertama tahun ini, menurut data industri. Meski peluncuran sempat tertunda akibat pandemi, ponsel pintar ini berhasil menarik lebih banyak pelanggan dengan layar 15,5 sentimeter dan dijual sekitar 945 dolar AS. 

2. Galaxy A12

photo
Samsung galaxy A12 - (gsm arena)

Galaxy A12 adalah salah satu smartphone terlaris Samsung.Dengan layar 16,5cm dan sistem quad-camera di bagian belakang, model A12 memiliki baterai bertenaga 5.000 miliampere-jam yang cukup untuk bertahan lebih dari dua hari di antara pengisian daya. 

Samsung mengatakan galaxy A12 memiliki platform keamanan Knox tingkat pertahanan dan didukung oleh sensor sidik jari samping.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement