Rabu 12 Jan 2022 14:33 WIB

TV Ukuran 100 Inci akan Diproduksi Tahun Ini?

Ketika TV dengan ukuran baru terus diproduksi, akan memengaruhi harga TV ukuran lain.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
LG menghadirkan TV OLED 97 in di CES 2022.
Foto: cnet
LG menghadirkan TV OLED 97 in di CES 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pembuat TV telah mendorong narasi bahwa orang akan menikmati layar yang lebih besar. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang memperkenalkan ukuran layar yang lebih besar untuk memenuhi permintaan pasar. Beberapa tahun lalu, ukuran TV beredar 75 inci. Ukuran tersebut terus bertambah sampai layar 97 inci dari merek LG, TCL, dan Samsung. Namun, apakah masyarakat siap menikmati layar TV yang semakin besar?

2022 adalah tahun produksi massal TV 100 inci     

Baca Juga

Ketika TV dengan ukuran baru terus diproduksi, itu akan memengaruhi harga TV ukuran lain. Misal, TV 85 inci rilis, harga TV 55 inci dan TV 40 inci akan turun. Kondisi itu akan terulang jika TV 100 inci memasuki pasar.

Di pameran teknologi CES 2022, TCL merilis TV QLED 98 inci sementara LG meluncurkan G2 OLED 97 inci. Samsung mengatakan TV MicroLED-nya akan tersedia dalam tiga ukuran ramah konsumen, yaitu 110, 101, dan 89 inci. Namun, sejumlah orang belum siap menerima ukuran layar TV yang sangat besar. Sebab, ini akan membuat masalah baru.

Di Amerika, ada sekitar 43 juta rumah tangga yang membayar sewa alih-alih memiliki tempat tinggal sendiri. Di Inggris, sembilan dari 67 juta penduduk tinggal di pinggiran London. Pada dasarnya, tidak ada banyak ruang untuk menaruh TV dengan layar 97 inci setiap sewa habis.

Selain tidak adanya ruang untuk layar lebar, harga yang tinggi juga menjadi masalah. Beberapa TV yang memiliki layar lebar tidak memiliki harga terjangkau. Misalnya G1 OLED 77 inci seharga 3.999 dolar Amerika yang berarti layar 97 inci seharga dua atau tiga kali lipatnya. Harga TV akan menjadi mahal terlebih di masa mendatang.

Proyek ultra short throw menjadi solusi

Dilansir Tech Radar, Rabu (12/1), TV 100 inci mungkin bukan solusi ideal bagi kebanyakan orang karena harga dan ukuran. Jika Anda ingin merasakan sensasi layar lebar seperti TV 100 inci, Anda bisa memanfaatkan proyektor ultra short-throw atau TV laser. Proyektor ultra short-throw memberikan kinerja gambar proyektor tradisional dan posisinya tepat di dinding.

Model seperti Samsung's The Premiere menghadirkan semua spesifikasi dan kenyamanan modern dari smart TV 4K dengan harga 3.500 dolar Amerika. Anda bisa mendapatkan ukuran layar maksimum 120 inci dan sistem speaker 2.20 channel.

Pada akhirnya, selalu ada penukaran sesuatu yang berharga yang harus dilakukan saat membeli produk teknologi baru. Anda dapat memiliki sesuatu yang mutakhir dan mahal atau sesuatu yang lebih tua dan lebih murah. Anda bisa membeli TV layar lebar atau menghemat uang dengan memilih TV yang lebih terjangkau. Namun, Anda tidak dapat tiba-tiba mengubah tempat tinggal Anda hanya untuk mengakomodasi TV 100 inci atau mengubah anggaran Anda. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement