Rabu 12 Jan 2022 00:43 WIB

Persaingan Apple dan Google Bikin Pengguna Android Stres?

Google meminta Apple menghentikan gelembung obrolan warna hijau di iMessage.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
iMessage. Ilustrasi. Google meminta Apple menghentikan gelembung obrolan warna hijau di iMessage.
Foto:

Google Hangouts (2013-2018)

Upaya pertama Google untuk bersaing dengan iMessage datang pada tahun 2013 dengan kehadiran Google Hangouts. Layanan tersebut merupakan perpanjangan dari layanan perpesanan Google+ yang menyatukan semua perpesanan Android di satu tempat. Hangouts memiliki pesan instan berbasis akun Google melalui data dan panggilan suara serta video yang sebagian diberdayakan oleh Google Voice. Bahkan, Hangouts menggantikan Google Talk yang sudah tua dan telah populer selama bertahun-tahun sebelum debut iMessage.

Google Allo (2016-2019)

Setahun setelah berakhirnya Hangouts, Google menampilkan aplikasi baru, yaitu Google Allo yang mengambil lebih banyak pendekatan WhatsApp. Allo adalah aplikasi perpesanan berbasis nomor telepon dengan enkripsi ujung ke ujung. Selain itu, Allo berfungsi sebagai pengantar pertama ke Google Assistant dan memiliki banyak fitur pintar dan stiker yang menyenangkan.

Google Messages & RCS (2019-sekarang)       

Pada tahun 2018, Google mulai mendorong upaya pengiriman pesan baru yang akan bertahan lebih lama dari yang lain. Rich Communication Services (RCS) adalah aplikasi pengganti SMS sepenuhnya. RCS telah ada selama beberapa tahun pada saat itu, tetapi tanpa arah yang jelas. Beberapa operator memiliki versi RCS mereka sendiri sementara yang lain mengabaikannya. Google meningkatkan tujuan standar RCS universal melalui Jibe, perusahaan yang telah dibeli bertahun-tahun sebelumnya.

Metode pengiriman untuk RCS adalah Google Messages yang mengambil alih sebagai aplikasi perpesanan utama Google pada tahun 2019 dengan menggabungkan SMS tradisional dengan perpesanan RCS berbasis nomor. Seperti Allo, sistem ini terikat pada satu perangkat, tetapi sebagai standar, sistem ini berpotensi untuk bekerja dengan aplikasi perpesanan lain dan benar-benar menyatukan semua orang dalam satu standar.

 

Sayangnya, RCS belum menjadi solusi yang sempurna. SMS tetap menjadi cadangan untuk RCS saat pengguna Android berbicara dengan pengguna iPhone. Namun, pesan dan RCS tetap menjadi inisiatif utama Google untuk pengiriman pesan tingkat konsumen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement