Rabu 15 Dec 2021 13:48 WIB

Mengenal Pengembangan Internet dari Masa ke Masa

Saat ini, kita sudah berada di era web 2.0 dan 3.0 sudah berada di depan mata.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani /Setyanavidita Livikacansera/ Red: Dwi Murdaningsih
Jaringan internet (ilustrasi).
Foto:

Evolusi internet merevitalisasi konsep bisnis

Kehadiran teknologi baru, selalu di ikuti dengan munculnya berbagai hal baru atau konsep segar yang disematkan pada bisnis yang telah lebih dulu ada. Dikutip dari The Next Web, Pave Motors adalah perusahaan mobilitas yang didirikan oleh dua bersaudara yang memproduksi perpaduan antara sepeda dan sepeda motor listrik.

Namun, sepeda yang dimiliki Pave 1 hadir dengan konsep pengembangan teknologi data yang kental dengan sentuhan blockchain. Menurut sang pendiri, Nicolaus Nagel, ia mendirikan Pave 1 pada 2019 dengan saudaranya Caspar Nagel.

"Industri skuter telah berusia lebih dari 100 tahun, tetapi sedikit yang berubah. Tumbuh di Berlin, kami selalu menginginkan kemampuan untuk bergerak di sekitar kota dengan cepat dan mudah," ujarnya.

Setelah ia dan adiknya pindah ke Brooklyn, ternyata Nicolaus menemukan kemajuan industri mobilitas ber basis listrik dan baterai. Hal ini jualah yang membuatnya melirik peluang hadirnya kendaraan roda dua baru.

Penerapan konsep blockchain dan web 3.0 pada Pave 1 hadir dalam berbagai bentuk. Pertama, sepeda-sepeda yang dimiliki Pave telah terhubung ke jaringan blockchain pribadi.

Ketika penyewa mendapatkan sepeda, mereka akan menerima non fungible token (NFT) sebagai penanda. Ini akan secara efektif menjadi kunci pribadi karena berbasis token pada ERC 721.

Token ini pula yang digunakan untuk membuka kunci sepeda listrik, melalui Aplikasi Pave+. Aplikasi seluler yang dimiliki Pave juga secara teknis telah mengusung konsep apli kasi terdesentralisasi atau dApp. Apli kasi ini telah terhubung ke blockchain dan memungkinkan pengen dara mengautentikasi transaksi mereka dengan aman, bahkan tanpa koneksi internet.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement