Rabu 15 Dec 2021 13:48 WIB

Mengenal Pengembangan Internet dari Masa ke Masa

Saat ini, kita sudah berada di era web 2.0 dan 3.0 sudah berada di depan mata.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani /Setyanavidita Livikacansera/ Red: Dwi Murdaningsih
Jaringan internet (ilustrasi).
Foto:

Konsep desentralisasi yang di bangun di atas teknologi blockchain pun menjadi penopang utama teknologi web 3.0. Di dunia web 3.0, orang-orang akan mampu mengontrol data mereka sendiri dan berpindah dari media sosial ke surel, lalu belanja menggunakan satu akun yang dipersonalisasi.

Kemudian, membuat catatan publik di blockchain dari semua akti vitas yang dilakukan tersebut. Di mana catatan tersebut akan terekam selamanya dan transparan. "Bagi kebanyakan orang, itu terdengar seperti voodoo," kata Olga Mack yang merupakan pengusaha dan dosen blockchain di University of California, Ber keley, Amerika Serikat (AS).

Perubahan web 2.0 dan web 3.0

Banyak perubahan yang dibawa oleh web 3.0 dalam menghadirkan konsep internet yang lebih baik, dibanding versi terdahulunya. 

• Web 2.0 memungkinkan konten yang dibuat pengguna langsung dapat dilihat jutaan orang di seluruh dunia secara virtual dalam sekejap. Konsep internet yang terpusat saat ini, membuat sistem keamanan dan kontrol data menjadi buruk.

Kebocoran informasi pribadi selama bertahun-tahun dari bank, dan platform sosial menunjukkan bahwa di jagat maya saat ini, tak ada hal yang benar-benar bisa menjadi privasi.

• Karena web 3.0 dibangun di atas kriptografi sederhana dan sering kali menampilkan kode sumber terbuka, siapa pun dapat berkontribusi pada proyek dengan meninjau kode. Ini meningkatkan keamanan bagi pengguna dan mengubah transparansi menjadi keunggulan kompetitif. Keuntungannya tidak hanya berbasis privasi, tetapi juga membuat pengguna menjadi lebih dilindungi.

 

• Web 3.0 juga menyeimbangkan kembali dinamika antara pengguna dan platform, karena pengguna dapat mengontrol data mereka. Hal ini berbeda dengan dunia web 2.0, pengguna harus menunggu platform untuk mengambil tindakan, seperti penghapusan data atau pengembalian akun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement