Selasa 14 Dec 2021 19:00 WIB

International Mathematics and Science Olympiad 2021 Resmi Dimulai

Indonesia dipercaya mampu dan siap melaksanakan IMSO secara online.

Perhelatan Olimpiade Matematika dan Sains Internasional atau yang dikenal dengan IMSO ke-18 resmi dimulai pada Selasa, (14/12). Pada IMSO 18 kali ini, Indonesia melalui Klinik Pendidikan MIPA (KPM) kembali menjadi tuan rumah dari perhelatan olimpiade bergengsi ini.
Foto: istimewa
Perhelatan Olimpiade Matematika dan Sains Internasional atau yang dikenal dengan IMSO ke-18 resmi dimulai pada Selasa, (14/12). Pada IMSO 18 kali ini, Indonesia melalui Klinik Pendidikan MIPA (KPM) kembali menjadi tuan rumah dari perhelatan olimpiade bergengsi ini.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR--Perhelatan Olimpiade Matematika dan Sains Internasional atau yang dikenal dengan IMSO ke-18 resmi dimulai pada Selasa, (14/12). Pada IMSO 18 kali ini, Indonesia melalui Klinik Pendidikan MIPA (KPM) kembali menjadi tuan rumah dari perhelatan olimpiade bergengsi ini. 

Indonesia dipercaya mampu dan siap melaksanakan IMSO secara online. Meskipun digelar secara online, IMSO 18 akan tetap dilaksanakan dengan suasana yang seru dan menantang.

Baca Juga

Sebanyak 48 siswa mewakili Indonesia dalam olimpiade bergengsi ini. Dari 48 siswa tersebut sebanyak 23 Peserta di bidang Matematika dan 25 peserta di bidang Sains. Seluruh siswa tersebut adalah siswa unggul yang terpilih dari seluruh siswa di Indonesia.

Terdapat 20 negara yang mengikuti IMSO 18 dengan 17 negara mengirimkan delegasinya serta 3 negara berperan sebagai observer, yaitu Botswana, China, dan Malaysia. Total peserta yang mengikuti IMSO 18 ini adalah 271 peserta yang dibagi ke dalam 2 bidang, yaitu 139 peserta Matematika, dan 132 peserta Sains.

IMSO sendiri akan dilaksanakan secara mandiri di negara masing-masing secara online dan offline, hal ini dikarenakan ada beberapa negara yang sudah dapat melakukan kegiatan secara offline. Bagi negara yang masih belum aman akan tetap dilakukan secara online. Mereka dipantau oleh kamera yang tertaut ke aplikasi Zoom. 

Setiap peserta atau tempat diwajibkan minimal memasang 2 kamera dari dua sudut pandang berbeda untuk memperketat pengawasan. Para peserta akan mengerjakan soal dengan tahapan Teori 1 dengan durasi waktu yang diberikan selama 60 menit, Teori 2 selama 90 menit dan Eksperimen/Eksplorasi selama 120 menit.

Adapun rangkaian kegiatan IMSO 18 dimulai pada hari Selasa, 14 Desember 2021 dengan Pembukaan serta Pertemuan Dewan Juri dan Team Leader. Hari Rabu, 16 Desember 2021 merupakan pelaksanaan pengerjaan soal Kompetensi Teori 1 dan Teori 2, sedangkan Eksperimen dan Eksplorasi dilaksanakan pada hari Kamis, 17 Desember 2021. 

Pada hari Jumat akan dilakukan penjurian dan moderasi oleh Dewan Juri dan team Leader. Kemudian di hari Sabtu, 18 Desember 2021 para peserta akan disuguhkan penampilan budaya dari masing-masing negara serta pertunjukan Math and Science Exploration. Akhir dari rangkaian IMSO 18 ditutup dengan sesi Awarding yang akan dilaksanakan pada hari Minggu, 19 Desember 2021 pukul 17.00 WIB.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement