Kamis 11 Nov 2021 13:12 WIB

Lolos Seleksi I, Simak Persiapan Seleksi II IMSO 18

Seleksi tahap I IMSO 18 menyisakan 89 peserta IPA dan 93 peserta Matematika

Seleksi tahap I International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) selesai dilaksanakan pada Minggu (7/11). Selanjutnya, peserta akan dihadapkan dengan seleksi tahap II yang akan dilaksanakan pada Jumat (12/11).
Foto: KPM
Seleksi tahap I International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) selesai dilaksanakan pada Minggu (7/11). Selanjutnya, peserta akan dihadapkan dengan seleksi tahap II yang akan dilaksanakan pada Jumat (12/11).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Seleksi tahap I International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) selesai dilaksanakan pada Ahad (7/11). Selanjutnya, peserta akan dihadapkan dengan seleksi tahap II yang akan dilaksanakan pada Jumat (12/11).

Sebanyak 312 peserta mengikuti seleksi tahap I IMSO. Seleksi tahap I tersebut menyisakan 89 peserta IPA dan 93 peserta Matematika untuk lanjut ke seleksi tahap II.Pada seleksi tahap I para peserta dihadapkan dengan tantangan menjawab soal teori 1 yang berupa pilihan ganda, dan teori 2 yang berupa isian singkat. 

Selanjutnya pada seleksi tahap II, selain terdapat soal teori 1 dan 2, peserta juga akan dihadapkan dengan soal eksplorasi untuk Matematika dan soal eksperimen untuk Sains dengan durasi pengerjaan 90 menit.Pada soal eksplorasi tersebut, peserta akan diberikan soal-soal matematika khusus yang unik. 

Tidak seperti soal matematika pada umumnya, pada eksplorasi ini peserta akan dihadapkan dengan soal matematika yang menggunakan daya nalarnya. Soal eksplorasi matematika adalah soal yang membutuhkan penalaran tingkat tinggi.

Dalam penyelesaiannya dibutuhkan penguasaan konsep yang baik dan kejelian menerapkan konsep. Sedangkan untuk soal eksperimen, para peserta di bidang sains akan melakukan penarikan kesimpulan dari praktik sains yang ditentukan oleh panitia.

Seperti pelaksanaan seleksi tahap I, para peserta yang telah lolos ke seleksitahap II harus mempersiapkan diri lebih baik lagi. General Manager Diklat dan Lomba KPM Herman Hadiwijaya mengatakan bahwa peserta harus lebih mempersiapkan diri dari segi kemampuan akademik terutama mempelajari kurikulum IMSO dari masing-masing bidang.

Selain persiapan akademik, peserta juga harus mempersiapkan keperluan untuk menunjang teknis pelaksanaan, seperti kamera peninjau yang tersambung ke aplikasi zoom, alat tulis, serta scanner untuk membuat jawaban dalam bentuk digital yang akan dikirimkan kepada panitia melalui email khusus.

“Terpenting untuk menunjang psikologis, para peserta harus lebih banyak berdoa dan mendekatkan diri pada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa agar diberikan kelancaran dan hasil terbaik,” ungkap Herman.

Peserta dengan nilai terbaik dari hasil seleksi tahap II ini berkesempatan untuk mewakili Indonesia di ajang kompetisi internasional IMSO. Perlu ditekankan lagi kepada para peserta bahwa seleksi IMSO ini menggunakan dua bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, dan untuk pelaksanaan IMSO nanti menggunakan full English. Oleh karena itu, peserta diharapkan dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement