Kamis 25 Nov 2021 15:24 WIB

Pertama Kali, NASA Buat Peta Bawah Tanah Mars

Peta direkam dengan mengolah data dari instrumen di pesawat InSight NASA.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Para peneliti membuat peta bawah tanah Mars menggunakan data dari pesawat Insight NASA.
Foto:

Lapisan sedimen yang mengejutkan, yang asal-usulnya masih menjadi misteri, terletak 30 hingga 70 meter di bawah permukaan Mars, terjepit di antara dua lapisan lava purba yang mengeras.

“Kami masih bekerja bagaimana menafsirkan itu dan bagaimana menentukan usia lapisan ini,” katanya.

“Tapi itu memberi tahu kita bahwa mungkin sejarah geologis di situs itu benar-benar lebih rumit daripada yang kita duga sebelumnya dan mungkin lebih banyak proses telah terjadi di masa lalu di tempat itu,” ujar Schmelzbach.

Para peneliti membandingkan dua lapisan lava yang merangkul sedimen ini dengan studi geologi sebelumnya dari kawah terdekat. Data ini memungkinkan mereka untuk menempatkan asal-usul lapisan tersebut ke dalam dua periode penting dalam sejarah geologi Mars sekitar 1,7 miliar dan 3,6 miliar tahun yang lalu.

Di atas lapisan material batuan setebal 15 meter yang kemungkinan besar terangkat dari permukaan Mars oleh tumbukan meteorit masa lalu yang kemudian menghujani kembali ke permukaan planet.Di masa depan, para ilmuwan ingin melihat apakah mereka dapat memperluas teknik mereka sedikit lebih jauh dan melihat lebih dalam, di beberapa mil pertama kerak Mars.

 

“Kami memiliki semacam zona buat di sana saat ini,” kata Schmelzbach.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement