Sabtu 20 Nov 2021 05:24 WIB

Bisakah Nuklir Beri Jaminan Energi Bersih?

Berbagai energi alternatif dipertimbangkan untuk mengurangi emisi karbon.

Pembangkit listrik tenaga nuklir/PLTN (ilustrasi)
Foto:

Ia mengatakan energi nuklir mampu memenuhi kebutuhan energi secara masif dan sesuai untuk peningkatan kemampuan industrialisasi Indonesia di masa depan. Dia mengatakan tidka ada pilihan lain untuk menggantikan peran penggunaan sumber daya energi konvensional kecuali penggunaan energi nuklir.

Deendarlianto mengatakan pihaknya sudah memberikan rekomendasi kepada pemerintah bahwa perlunya memulai langkah transisi menuju pemanfaatan PLTN dan sumber energi alternatif sebagai solusi sumber energi nasional. Ia menuturkan teknologi reaktor nuklir telah mencapai pencapaian teknologi yang lebih unggul dibanding dengan teknologi pembangkit lainnya.

Keunggulan tersebut antara lain PLTN tidak menghasilkan limbah yang dilepaskan ke lingkungan. Selain itu, PLTN juga mempunyai sistem keselamatan komprehensif dan prosedur operasi terstandarisasi.

Deendarlianto menuturkan beberapa riset terbaru menyatakan konsumsi bahan bakar berbasis fosil dan emisi karbondioksida sudah mulai akut di negara-negara yang ekonominya berkembang (emerging economies) di wilayah Asia-Pasifik. Dengan demikian, penggunaan kebijakan energi nuklir perlu dipertimbangkan dalam kebijakan energi nasional di beberapa negara dan juga perlu ada langkah strategis yang dikembangkan dalam pengembangan teknologi reaktor ke depan.

"Kita tahu bahwa energi nuklir itu sangat 'reliable' (andal), juga aman dan secara internasional juga memiliki arti ekonomi cukup kuat," ujarnya.

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement