Kamis 18 Nov 2021 08:26 WIB

Kurangi Emisi, Pakan Ternak di Irlandia Diganti Rumput Laut

Irlandia berjanji mengurangi produksi global metana 30 persen dari 2020.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi sapi

 

Pakan ternak berbasis bakteri asam laktat
 
Profesor Riset Yantyati Widyastuti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)  menyampaikan orasi ilmiah Inovasi Produk Pangan Sapi Potong Berbasis Bakteri Asam Laktat untuk Mendukung Usaha Peternakan Nasional" saat pelantikan guru besar riset, September lalu.
 
Sapi potong menyumbang emisi gas rumah kaca berupa gas metana yang dikeluarkan melalui sendawa, yang merupakan hasil dari proses alami fermentasi pakan ternak. Produksi gas metana tersebut juga merupakan pemborosan energi bagi ternak, dan mengganggu lingkungan.
 
Dia menuturkan  pemanfaatan pakan ternak berbasis bakteri asam laktat dapat membantu menurunkan emisi gas metana yang dihasilkan sapi potong. Dia mengatakan pakan sapi potong berbasis bakteri asam laktat yang ramah lingkungan perlu dikembangkan karena dua alasan strategis.
 
Pertama yakni efisiensi energi sapi potong. Kedua, mengurangi emisi gas metana di udara atau lingkungan.
 
Bakteri asam laktat dari koleksi Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI telah digunakan untuk proses pembuatan pakan sapi potong yang menghasilkan inokulan silase L. plantarum 1A-2 dan probiotik L. plantarum TSD-10.
 
Produk yang mengandung bakteri asam laktat indigenous, yaitu inokulan silase dan probiotik masing-masing dengan harga Rp 30.000 per liter dan Rp25.000 per liter dapat dijadikan bahan baku industri pakan nasional yang berpeluang sebagai pengganti produk impor. Hasil riset berupa inokulan silase dan probiotik telah diimplementasikan kepada masyarakat melalui berbagai program diseminasi.
 
Dengan adanya produk riset pakan sapi potong berbasis bakteri asam laktat yang telah didaftarkan patennya maka berpotensi digunakan pihak industri dengan kerja sama dan selanjutnya dapat dilisensi.
 

sumber : reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement