Senin 08 Nov 2021 00:24 WIB

Lahan Penuh Bunga di Area Bekas Tambang Batu Bara

Area bekas tambang sebagai kesempatan baik bagi alam untuk meregenerasi diri.

Foto aerial bekas tambang batu bara. ilustrasi
Foto:

 

Perpaduan antara kebun tumbuhan lokal dan taman tenaga surya

Konsep ini, di masa depan akan diterapkan di lebih banyak kawasan. Sebuah contohnya taman tenaga surya. Biasanya taman tenaga surya ditempatkan di lahan dengan sedikit variasi tumbuhan.

Tapi di sini, ada kombinasi bagus berbagai tumbuhan bunga lokal. Bagi Christina Grätz ini pilar penting bagi bisnisnya.

Di dekat pertambangan terbuka, ia dan timnya menanam tumbuhan liar dan langka untuk proyek-proyek konservasi lokal dan Uni Eropa. Di sini jugalah, di lahan pertanian perusahaannya, mereka memproduksi campuran bibit.

Berbeda dengan tumbuhan yang dibudidayakan, bibit tumbuhan liar siap dipanen dalam waktu berbeda-beda. Hasilnya dipanen dengan tangan. Ini pekerjaan berat.

Di akhir tahun, Grätz dan rekan-rekannya akan memiliki 4 ton benih berharga. Bisnis ini didirikan 2011, dan hanya mempekerjakan dua orang. Sekarang sudah melibatkan 25 ilmuwan dan staf.

Semua mahluk hidup saling terkait

Aturan konservasi sekarang menuntut, hanya benih tanaman regional yang digunakan dalam proyek-proyek restorasi. Perusahaan Grätz adalah salah satu yang menawarkan ini. Selain juga menawarkan analisa pakar, menyelamatkan tumbuhan yang terancam punah, dan memindahkan koloni semut. Jadi tidak ada yang hilang. 

Bagi Christina Grätz, semua mahluk hidup di dunia ini, dan di alam semesta, saling berkaitan. Jadi kita saling memiliki. Manusia juga termasuk di dalamnya.

“Jika saya kehilangan sebuah bagian, saya juga kehilangan sebagian dari seluruh alam semesta, dan sebagian dari diri saya sendiri. Itu juga jadi pendorong bagi saya."

Itu juga alasannya mengapa Christina Grätz ingin terus berusaha. Ketika tanah gundul di sekitar mulut pertambangan semakin berubah jadi hijau, dan bisnisnya terus berkembang, ia juga menawarkan pengetahuannya di luar Jerman.

Tepatnya di lokasi, di mana masih ada tambang terbuka, dan di areal yang bisa dihidupkan kembali dengan berbagai tumbuhan lokal.

 

 

 

sumber: https://www.dw.com/id/lahan-penuh-bunga-di-area-bekas-tambang-batu-bara/a-59734957

sumber : DW
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement