Senin 25 Oct 2021 08:41 WIB

6 Cara Hapus Informasi Pribadi dari Web

Anda bisa meminimalkan jejak digital di internet.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Beragam media sosial (ilustrasi)
Foto:

 

Hapus info Anda langsung dari situs web

Pertama, tanyakan kepada perusahaan telepon atau penyedia seluler Anda untuk memastikan Anda tidak terdaftar secara online dan minta mereka menghapus nama Anda jika memang demikian.

Jika Anda ingin menghapus posting forum lama atau blog nama yang memalukan yang Anda tulis pada hari itu, Anda harus menghubungi webmaster situs tersebut satu per satu.

Sayangnya, operator situs web pribadi tidak berkewajiban untuk menghapus posting Anda. Jadi, saat menghubungi situs-situs tersebut, bersikaplah sopan dan nyatakan dengan jelas mengapa Anda ingin postingan tersebut dihapus.

Hapus info pribadi dari situs web

Jika seseorang mengeposkan informasi sensitif milik Anda seperti nomor Jaminan Sosial atau nomor rekening bank dan webmaster situs tempat postingan itu diposkan tidak akan menghapusnya, Anda dapat mengirimkan permintaan penghapusan hukum ke Google untuk menghapusnya. Proses penghapusan bisa memakan waktu dan tidak ada jaminan itu akan berhasil, tetapi layak dicoba.

Hapus hasil pencarian yang kedaluwarsa

Katakanlah ada halaman web dengan informasi tentang Anda yang ingin disingkirkan. Tetapi ketika Anda meng-Google nama Anda, halaman tersebut masih muncul di hasil pencarian Anda—meskipun nama Anda tidak dapat ditemukan di mana pun saat Anda mengeklik tautannya. Ini berarti halaman versi lama di-cache di server Google.

Kirim URL ke Google dengan harapan akan memperbarui servernya, menghapus hasil pencarian yang di-cache sehingga Anda tidak lagi dikaitkan dengan halaman tersebut. Tidak ada jaminan Google akan menghapus infor yang di-cache karena suatu alasan, tetapi ada baiknya mencoba menghilangkan sebanyak mungkin keberadaan online Anda dari internet.

Langkah terakhir adalah menghapus akun email 

Ini bergantung pada jenis akun email yang dimiliki. Jadi jumlah langkah yang akan diambil bervariasi.

Anda harus masuk ke akun Anda dan menemukan opsi untuk menghapus atau menutup akun. Beberapa akun akan tetap terbuka untuk jangka waktu tertentu jika ingin mengaktifkannya kembali. Alamat email diperlukan untuk menyelesaikan langkah sebelumnya.

Ingatlah untuk bersabar saat menjalani proses ini dan jangan berharap untuk menyelesaikannya dalam satu hari. Anda mungkin juga harus menerima bahwa ada beberapa hal yang tidak dapat Anda hapus secara permanen dari internet.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement