Selasa 17 Oct 2023 03:50 WIB

Bebas Ribet, Coba Hapus Data Pribadi Pakai Aplikasi Ini

ika tidak mau data tersebar, Anda bisa menggunakan aplikasi khusus.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
Jika tidak mau data tersebar, Anda bisa menggunakan aplikasi Permission Slip dari Consumer Reports yang dapat menghubungi perusahaan agar bisa meminta mereka untuk tidak menjual data pribadi Anda
Foto: Unsplash
Jika tidak mau data tersebar, Anda bisa menggunakan aplikasi Permission Slip dari Consumer Reports yang dapat menghubungi perusahaan agar bisa meminta mereka untuk tidak menjual data pribadi Anda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Jika Anda telah menggunakan internet dalam jangka waktu lama, kemungkinan besar data pribadi daring Anda sudah tersebar. Saat Anda mendaftar ke platform media sosial baru atau membeli sesuatu secara daring, Anda memberikan informasi pribadi Anda kepada perusahaan tersebut.

Nantinya informasi itu akan dikumpulkan oleh perusahaan dan pialang data yang dapat dijual lagi ke perusahaan lain untuk penargetan iklan. Jika tidak mau data tersebar, Anda bisa menggunakan aplikasi Permission Slip dari Consumer Reports yang dapat menghubungi perusahaan agar Anda memerintahkan mereka untuk tidak menjual informasi Anda.

Baca Juga

Apa itu Permission Slip?

Untuk membantu Anda mendapatkan kembali sedikit data pribadi Anda, beberapa negara bagian telah mengeluarkan undang-undang yang memungkinkan Anda melakukan kontrol atas apa yang terjadi pada data tersebut. Tergantung pada negara bagiannya, Anda dapat melarang broker data menjual data Anda atau langsung menghapus data daring.

Namun, proses pengendalian data Anda di situs web dapat membingungkan dan sering kali tidak jelas. Di sinilah layanan seperti laporan konsumen dari Permission Slip berperan. Aplikasi melakukan kerja keras mengumpulkan tempat-tempat yang mungkin memiliki data Anda, termasuk lebih dari 100 perusahaan yang menggunakan informasi pribadi Anda. Yang harus Anda lakukan adalah mengirimkan permintaan agar informasi Anda dihapus langsung atau tidak dijual lagi.

 

Bagaimana cara menggunakan Permission Slip?

Dilansir CNET, Senin (16/10/2023), untuk mulai menggunakan Permission Slip, yang harus Anda lakukan adalah mendaftar ke layanan dengan alamat email Anda. Setelah mendaftar, Anda akan disajikan pilihan perusahaan populer dan pialang data yang dapat mengetahui informasi Anda.

Jika menurut Anda perusahaan tersebut mungkin memiliki data Anda dan Anda ingin melakukan sesuatu terhadapnya, pilih Pelajari Lebih Lanjut & Ambil Tindakan. Jika menurut Anda perusahaan ini tidak memiliki data Anda dan Anda tidak ingin lagi melihatnya sebagai opsi, pilih Sembunyikan dan saran Anda tidak akan tersumbat.

Setelah Anda memilih Pelajari Lebih Lanjut & Ambil Tindakan, Anda akan dibawa ke layar yang menunjukkan jenis data apa yang biasanya dikumpulkan perusahaan dan apa saja pilihan Anda. Tergantung pada perusahaan dan negara bagian tempat Anda tinggal, Anda mungkin memiliki opsi untuk melarang perusahaan menjual data Anda atau langsung menghapus akun Anda.

Setelah Anda memasukkan informasi pribadi Anda untuk pertama kalinya, proses untuk melanjutkan penghapusan data Anda cukup sederhana. Anda cukup menelusuri saran Permission Slip dengan memilih perusahaan yang mungkin memiliki informasi Anda lalu menghapus akun Anda atau melarang perusahaan tersebut menggunakan data Anda. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement