Kamis 14 Oct 2021 14:38 WIB

China Pamerkan Pesawat Ruang Angkasa Generasi Terbaru

Pesawat ruang angkasa China bisa mengangkut 7 astronaut.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Pesawat ruang angkasa China generasi terbaru.

 

Dengan massa peluncuran 21,6 ton, pesawat ruang angkasa yang diujicobakan generasi berikutnya adalah pesawat ruang angkasa kembali dan masuk kembali terbesar di China yang diluncurkan dengan jumlah propelan terbesar. Beberapa teknologi baru berhasil diuji dalam penerbangan pertamanya tahun lalu.

Prototipe pesawat ruang angkasa generasi berikutnya diluncurkan ke orbit oleh roket Long March 5B pada 5 Mei 2020 dari Pusat Peluncuran Luar Angkasa Wenchang China, Wenchang, Provinsi Hainan. Pesawat ruang angkasa mendarat dengan selamat pada 8 Mei di lokasi pendaratan Dongfeng dan dirancang untuk transportasi astronot dan kargo.

Sisi kanan kendaraan membawa hampir 1.000 potong persediaan untuk memverifikasi kapasitas kargo pesawat ruang angkasa. Sisi kiri pesawat dikonfigurasi sebagai ruang tamu untuk astronot dengan meja lipat dan toilet.

Pesawat ruang angkasa eksperimental terbang di orbit selama dua hari dan 19 jam, di mana ia melakukan serangkaian eksperimen sains dan teknologi ruang angkasa, menurut China Manned Space Agency (CMSA).

“Kami telah mencapai terobosan signifikan dalam perlindungan termal dan kontrol presisi untuk pengembalian dan masuk kembali, serta dalam desain mesin dan pendaratan yang tidak rusak,” kata Huang kepada CCTV.

 

“Pencapaian dalam teknologi transportasi ruang angkasa berawak telah memungkinkan kami untuk mengambil lompatan dari tertinggal di belakang alat pacu jantung untuk berlari di samping mereka. Ini meletakkan dasar teknologi yang kuat untuk pesawat ruang angkasa berawak bulan kami di masa depan,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement