Kamis 07 Oct 2021 12:27 WIB

Serba-serbi Jurusan Ilmu Komputer

Ilmu Komputer sering masuk daftar sebagai jurusan tersulit.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Komputer (ilustrasi)
Foto:

 

Bisakah Belajar Ilmu Komputer Tanpa Latar Belakang Pemrograman? 

Sebagian besar program ilmu komputer menawarkan kursus pemrograman pengantar untuk siswa baru di bidang ini. Calon jurusan ilmu komputer dapat mengambil kelas gratis atau belajar sendiri bahasa pemrograman sebelum kuliah. 

Apakah Ilmu Komputer Jurusan yang Sulit?

Ilmu komputer telah mendapatkan reputasi sebagai jurusan yang menantang dan mendapatkan gelar dalam ilmu komputer memang menguji mahasiswa. Jurusan membutuhkan keterampilan teknis yang kuat, kemampuan untuk mempelajari berbagai bahasa pemrograman, dan kemampuan analitis serta pemecahan masalah yang luar biasa.

Sebelum menyatakan mengambil jurusan ilmu komputer, mahasiswa harus mempertimbangkan bagaimana untuk sukses dalam program ilmu komputer. Mereka juga harus mempertimbangkan apakah keterampilan dan tujuan karier mereka sejalan dengan ilmu komputer.

Selama jurusan ilmu komputer, mahasiswa mengambil beberapa kursus ilmu komputer. Kelas-kelas ini memperkenalkan konsep inti dan lanjutan dalam ilmu komputer.

Bahasa pemrograman: jurusan ilmu komputer yang mempelajari berbagai bahasa pemrograman. Java, Python dan bahasa C peringkat di antara bahasa yang paling umum diajarkan dalam program ilmu komputer. Siswa belajar teori pemrograman, menyelesaikan latihan dan proyek dan membangun keterampilan pemrograman tingkat lanjut.

Sistem komputer: peserta didik memeriksa struktur dan organisasi sistem komputer. Menggambarkan pengetahuan mereka tentang pemrograman, siswa memeriksa bagaimana sistem komputer menafsirkan informasi, menyusun program dan berkomunikasi dengan pengguna. Topik kursus dapat mencakup pelatihan bahasa pemrograman tingkat rendah, manajemen memori dan organisasi prosesor.

Matematika untuk ilmu komputer: kelas-kelas ini fokus pada logika, matematika diskrit dan teknik pembuktian. Kelas matematika juga dapat mencakup probabilitas, teori bilangan dan kalkulus.

Kursus menekankan hubungan antara matematika dan bahasa pemrograman. Beberapa siswa merasa kelas matematika tingkat perguruan tinggi sulit.

 

Kecerdasan buatan (AI): kelas AI mengajarkan siswa tentang pemrosesan bahasa alami, pengenalan pola dan neural networks. Peserta didik memeriksa prinsip-prinsip inti dan metode yang digunakan untuk meneliti AI. Berkat kemajuan mutakhir, kursus ini sering kali mencakup temuan baru dan materi yang menantang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement