Senin 27 Sep 2021 06:58 WIB

Ilmuwan Amati Sejuta Neuron Secara Bersamaan di Otak Tikus

Ilmuwan menemukan cara untuk bisa mengamati sejuta neuron tikus dalam satu waktu.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Tikus
Foto:

Light beads microscopy mampu mengatasi keterbatasan ini dengan menghilangkan waktu mati antara dorongan laser-menggunakan rongga cermin. Light beads microscopy membagi setiap dorongan kuat menjadi 30 sub dorongan yang lebih kecil dengan kekuatan yang berbeda, yang kemudian semuanya dapat mencapai kedalaman yang berbeda sambil menjaga tingkat fluoresensi yang sama.

Ini berarti beberapa kedalaman dapat divisualisasikan dalam denyut yang sama, memberi para ilmuwan pandangan yang lebih dalam dan lebih cepat tentang apa yang terjadi. Para ilmuwan kini telah mendemonstrasikan teknik untuk melacak satu juta neuron sekaligus di otak tikus.

“Tidak ada alasan bagus mengapa kami tidak melakukan ini lima tahun yang lalu. Itu akan mungkin-mikroskop dan teknologi laser ada. Tidak ada yang memikirkannya,” kata Vaziri.

Melalui light beads microscopy, para ilmuwan berharap dapat melacak interaksi antara daerah sensorik, motorik dan visual otak-tidak hanya pada tikus tetapi juga pada hewan lain. Menafsirkan dan memahami aktivitas saraf yang direkam akan membutuhkan langkah maju lainnya, tetapi studi baru mendorong gagasan tentang apa yang mungkin dilakukan dengan analisis mikroskopis semacam ini.

Semakin baik kita dapat melihat ke dalam otak, semakin baik kita dapat mengetahui cara kerjanya-apakah itu interaksi antara sel-sel saraf individu atau mencari tahu bagian otak mana yang sesuai dengan perasaan dan emosi.

Light beads microscopy akan memungkinkan kita untuk menyelidiki pertanyaan biologis dengan cara yang tidak mungkin dilakukan sebelumnya,” kata Vaziri.