Kamis 23 Sep 2021 12:53 WIB

Ilmuwan Temukan Sebab Keterbatasan Kelayakhunian di Mars

Mars mungkin terlalu kecil untuk menampung air dalam jumlah besar.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Mars

 

Temuan ini berimplikasi pada pencarian kehidupan di planet lain selain Mars, catat para peneliti.

 

Terlalu dekat dengan matahari atau, untuk exoplanet, terlalu dekat dengan bintangnya dapat memengaruhi jumlah volatil yang dapat disimpan oleh benda planet. Pengukuran jarak dari bintang ini sering dimasukkan ke dalam indeks zona layak huni di sekitar bintang.

 

"Studi ini menekankan bahwa ada rentang ukuran yang sangat terbatas bagi planet untuk memiliki cukup air, tetapi tidak terlalu banyak untuk mengembangkan lingkungan permukaan yang layak huni," kata Klaus Mezger dari Center for Space and Habitability di University of Bern, Swiss. 

 

"Hasil ini akan memandu para astronom dalam pencarian mereka untuk planet ekstrasurya yang dapat dihuni di tata surya lain," tambahnya.

 

Wang sekarang berpikir bahwa, untuk planet yang berada dalam zona layak huni, ukuran planet mungkin harus lebih ditekankan dan dipertimbangkan secara rutin ketika memikirkan apakah sebuah planet ekstrasurya dapat mendukung kehidupan.

 

Ukuran sebuah planet ekstrasurya adalah salah satu parameter yang paling mudah ditentukan. 

 

"Berdasarkan ukuran dan massa, kita sekarang tahu apakah sebuah planet ekstrasurya adalah kandidat untuk kehidupan, karena faktor penentu tingkat pertama untuk retensi volatil adalah ukuran," ujarnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement