Kamis 23 Sep 2021 03:15 WIB

Latihan Pernapasan Dapat Bantu Turunkan Tekanan Darah

Ingin menurunkan tekanan darah, ayo coba latihan napas!

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda
Latihan pernapasan dengan perangkat inspiratory muscle strength training (IMST) dapat menurunkan tekanan darah dalam beberapa pekan.
Foto:

Selama ini, diketahui bahwa olahraga hanya dalam lima menit setiap harinya dapat memberi kekuatan untuk otot pernapasan. Bahkan, olahraga dalam lima menit juga menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan pembuluh darah. Olahraga seperti aerobik juga menunjukkan manfaat strupa, termasuk pengobatan. 

photo
Teknik pernapasan pelega sesak. - (Republika)

 

 

Dilansir Times Now News, IMST memiliki manfaat yang berasal dari perbaikan fungsi pembuluh darah dan peningkatan oksida nitrat atau molekul yang membantu memperlebar arteri. Bernapas dengan diafragma membawa lebih banyak oksigen ke dalam tubuh serta memberi nutrisi pada otak dan otot.

 

 

Menurut penulis penelitian, IMST mungkin menawarkan manfaat yang mirip dengan olahraga, tetapi dalam waktu yang jauh lebih singkat. Laporan tersebut juga memperingatkan bahwa meski latihan ini tampaknya aman, setiap orang harus terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter sebelum mencoba perangkat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement