Senin 20 Sep 2021 17:11 WIB

Misi Penerbangan Warga Sipil Inspiration4 SpaceX Sukses

Inspiration4 sukses membawa 4 kru sipil ke luar angkasa selama 3 hari.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Foto yang disediakan oleh SpaceX ini menunjukkan penumpang Inspiration4 di kapsul Dragon pada hari pertama mereka di luar angkasa. Mereka adalah, dari kiri, Jared Isaacman, Hayley Arceneaux, Chris Sembroski dan Sian Proctor.
Foto:

Menurut Benji Reed, direktur senior program luar angkasa manusia di SpaceX, ini adalah misi yang luar biasa, pengalaman yang luar biasa.

"Kami sangat berterima kasih kepada seluruh kru, Jared dan Chris, Sian dan Hayley, untuk berpartisipasi dan membuat ini benar-benar menjadi kenyataan," ujar Reed.

"Secara keseluruhan misinya hebat, cuaca yang indah dari awal hingga akhir, dan itu benar-benar pengalaman hebat bagi semua orang di lapangan, dan Dragon tampil sangat baik," kata dia.

Saat berada di orbit, para kru melakukan sejumlah eksperimen medis, mengumpulkan sampel dan data yang akan membantu para peneliti lebih memahami bagaimana gayaberat mikro mempengaruhi tubuh manusia.

Selama penerbangan mereka, kru melakukan perjalanan hingga ketinggian 367 mil (590 km) di atas Bumi. Menurut SpaceX, ini lebih tinggi dari Stasiun Luar Angkasa Internasional dan Teleskop Luar Angkasa Hubble. Itu diharapkan akan memberikan lebih banyak wawasan tentang radiasi ruang angkasa dan pengaruhnya terhadap manusia.

"Sangat menarik untuk melihat bagaimana cairan bergeser dengan lingkungan gayaberat mikro ini," kata Arceneaux kepada pemirsa selama siaran dalam penerbangan pada hari Jumat (17/9).

"Dan itu adalah sesuatu yang sedang dilihat oleh para ilmuwan, jadi kami senang berkontribusi dengan itu," ucap dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement