Kamis 16 Sep 2021 15:24 WIB

Mars One, Misi ke Mars yang Hanya Sekadar Mimpi

Mars One mengajurkan proposal koloni di Mars, namun dinyatakan tidak layak.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Mars
Foto:

Namun, pada 2014, Massachusetts Institute of Technology (MIT) menghasilkan laporan yang memberatkan terkait kelayakan misi. Di antara sejumlah kritik, laporan itu mencatat dalam waktu sekitar 68 hari, pemukim pertama akan mati lemas dan meninggal karena habitat mereka gagal.

Salah satu dari 100 finalis, Joseph Roche, mengungkapkan beberapa taktik curang yang digunakan oleh perusahaan pada 2015. Salah satunya, upaya Mars One dalam mengumpulkan pundi-pundi uang.

"Anda mendapatkan poin untuk melewati setiap putaran proses seleksi dan kemudian satu-satunya cara untuk mendapatkan lebih banyak poin adalah dengan membeli barang dagangan dari Mars One atau menyumbang uang kepada mereka," ujar Roche, seperti dilaporkan Medium.

Pada tahun-tahun berikutnya, Mars One berulang kali menunda tanggal yang direncanakan untuk mengirim manusia ke Mars. Siaran pers terakhirnya adalah pada 2017, ketika mengumumkan prediksi pendapatan baru untuk misi tersebut.

 

Setelah itu setelah segelintir pengumuman kecil lainnya, Mars One mengumumkan kebangkrutan. Dengan begitu, berlalu pula misi manusia untuk dapat menghuni Planet Merah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement