Sabtu 25 Dec 2021 17:09 WIB

SpaceX akan Tangkap Karbon di Atmosfer untuk Bahan Bakar Roket

Karbon yang ditangkap diharapkan bisa membuat misi luar angkasa menjadi lebih murah.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Roket Antariksa/Ilustrasi
Foto: VOA
Roket Antariksa/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, KALIFORNIA -- Pendiri SpaceX Elon Musk mengumumkan SpaceX akan melakukan program penangkapan karbon yang dapat menghilangkan karbon dioksida (CO2) dari atmosfer. Karbon yang ditangkap ini akan digunakan untuk membuat bahan bakar roket.

Karbon dioksida dapat dihilangkan dari atmosfer dengan berbagai metode, termasuk scrubber udara, penyerapan, dan katalis kimia. Karbon dapat dikombinasikan dengan air (H2O) untuk membuat hidrokarbon yang menjadi dasar minyak bumi dan metana.

Baca Juga

Dilansir dari RedOrbit, Jumat (24/12), para pemerhati lingkungan telah mengkritik industri kerdigantaraan karena gas rumah kaca yang dapat dilepaskan oleh peluncuran roket ke atmosfer. Beberapa ahli mengatakan bahwa satu peluncuran Falcon 9 menghasilkan antara 200 dan 300 metrik ton karbon dioksida.

Kemampuan untuk menghilangkan karbon dioksida dari atmosfer untuk membuat bahan bakar roket dapat mengatasi beberapa kritiik. Ini juga bisa berguna untuk membuat bahan bakar alternatif untuk aplikasi lain, meskipun kendaraan listrik Tesla tidak mungkin banyak menggunakannya.

Akan Berguna untuk Mars

Konsep pemanfaatan Sumber Daya In-Situ (ISRU) semakin dipandang penting untuk eksplorasi manusia yang hemat biaya dan berkelanjutan di dunia lain, termasuk Mars. ISRU melibatkan penggunaan sumber daya lokal dalam situasi di mana mengimpor sumber daya mungkin sangat mahal atau tidak mungkin.

Penjelajah sejarah Bumi yang paling sukses sering melakukan perjalanan ringan dan menggunakan sesuatu seperti ISRU. Penjelajah bisa memanen sumber daya penting seperti makanan dan air dari sumber lokal-saat mereka menjelajahi perbatasan. Atmosfer Mars tipis tetapi masih 95 persen karbon dioksida.

Sebagai bagian dari upaya ISRU, pembersih udara dapat menghilangkan karbon dioksida dari atmosfer Mars dan menyimpannya untuk membuat bahan bakar. Di beberapa tempat di Mars, dimungkinkan untuk untuk memanen air beku dari permukaan planet untuk air minum dan pembuata bahan bakar roket.

NASA berencana menggunakan Bulan untuk menguji beberapa teknik ISRU, termasuk ekstraksi air di kutub selatan bulan. SpaceX adalah subkontraktor untuk beberapa misi robot pendarat bulan yang ditugaskan oleh NASA mencari air dan melakukan upaya ilmiah di dan sekitar kemungkinan lokasi pendaratan berawak untuk Artemis. SpaceX akan meluncurkan pendarat dan penjelajah bulan di Bulan untuk Firefly Aerospace, Astrobotic, dan Intuitive Machines.

Tujuan utama Musk adalah membangun konta mandiri di Mars. Pengembangan perangkat keras yang dapat digunakan kembali tampaknya diarahkan untuk menurunkan biaya usaha semacam itu. Musk mengatakan dia bisa mengirim sebanyak 100 pesawat ruang angkasa ke Mars selama setiap jendela peluncuran, yang terjadi setiap dua tahun sekali.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement