Rabu 15 Sep 2021 15:32 WIB

SpaceX Inspiration4: Misi Luar Angkasa Warga Sipil Dimulai

Penerbangan warga sipil ke luar angkasa akan dilakukan Kamis pukul 07.02 WIB.

Empat orang warga sipil akan meluncur ke luar angkasa dalam misi Inspiration4
Foto:

 

Wahana inspirasional

Para awak akan terbang ke luar angkasa dengan roket SpaceX Falcon 9 yang dapat digunakan kembali, dengan pesawat ruang angkasa atau kapsul Dragon. SpaceX mengklaim bahwa Dragon adalah "satu-satunya pesawat ruang angkasa yang saat ini terbang yang mampu membawa kembali muatan dalam jumlah besar ke Bumi."

Dragon telah dilengkapi "kubah observasi melengkung", di mana biasanya kapsul memiliki port docking yang memungkinkannya terhubung ke ISS.

Dari kubah tersebut, awak akan mendapati pemandangan Bumi yang menakjubkan, meski hanya cukup untuk satu orang.

Inspirasi baru

SpaceX didirikan oleh Elon Musk pada tahun 2002, ketika banyak ahli teknologi super kaya di AS merasa bahwa eksplorasi ruang angkasa telah berakhir.

Selain Musk, yang mendapatkan pemasukan besar pertamanya berkat platform pembayaran online, PayPal, ada pula Jeff Bezos dari Amazon dan Richard Branson dari Virgin. Namun, SpaceX adalah perusahaan swasta pertama yang beroperasi untuk mengirim dan mengambil muatan di luar angkasa.

SpaceX memilki roketnya sendiri, dan meluncurkan sejumlah satelit, salah satunya konstelasi besar satelit komunikasi mereka yang dikenal dengan nama Starlink. SpaceX juga mengangkut para astronaut ke ISS. Lebih lanjut, SpaceX juga menjadi bagian dari misi Artemis milik NASA, yang bertujuan mengirim kembali manusia ke bulan.

 

 

 

sumber: https://www.dw.com/id/inspiration4-era-misi-luar-angkasa-warga-sipil-dimulai/a-59185407

sumber : DW
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement