Selasa 14 Sep 2021 19:33 WIB

Apple Rilis Pembaruan Keamanan untuk Cegah Pegasus

Apple menambal kerentanan yang menjadi celah masuknya spyware Pegasus.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Pegasus, perangkat mata-mata buatan Israel
Foto:

Berita tentang pembaruan keamanan datang saat Apple bersiap untuk salah satu acara tahunan terpentingnya, peluncuran produk baru di musim gugur. Pada Selasa (14/9), perusahaan diperkirakan akan merilis iPhone, iPad dan Apple Watch baru. Kekhawatiran atas keamanan produk tersebut kemungkinan akan mempengaruhi penjualan.

Apple berterima kasih kepada Citizen Lab karena memberikan contoh eksploitasi, yang menurut pembuat iPhone  bukan ancaman bagi sebagian besar penggunanya.

“Serangan seperti yang dijelaskan sangat canggih, menghabiskan jutaan dolar untuk dikembangkan, seringkali memiliki umur simpan yang pendek dan digunakan untuk menargetkan individu tertentu,” Ivan Krstic, yang menjalankan operasi arsitektur dan teknik keamanan Apple.

Pada Juli, peneliti menemukan bukti percobaan atau keberhasilan pemasangan Pegasus di 37 ponsel aktivis, jurnalis dan pebisnis. Semua ditemukan kecuali tiga perangkat adalah iPhone.

 

Beberapa orang tampaknya telah menjadi sasaran pengintaian rahasia melalui Pegasus, perangkat lunak yang seharusnya digunakan untuk mengejar penjahat dan teroris. Spyware dilaporkan mampu mengakses dan merekam teks, video, foto dan aktivitas web serta secara pasif merekam dan menggores kata sandi pada perangkat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement