Ahad 05 Sep 2021 16:06 WIB

Mengulik Fitur-Fitur Aplikasi PeduliLindungi

Pengguna harus menyalakan lokasi atau "GPS" selama mengakses aplikasi PeduliLindungi.

Seorang warga membuka aplikasi PeduliLindungi pada gawai miliknya di Surabaya, Jawa Timur.
Foto:

Setelah memindai kode QR, akan muncul informasi mengenai tempat yang ingin dikunjungi. PeduliLindungi akan memberi tahu berapa kapasitas total pengunjung yang bisa berada di dalam dan berapa pengunjung yang ada saat ini.

Pengguna akan melihat angka misalnya 400/1.000, artinya pengguna merupakan pengunjung ke-400 dari total 1.000 orang yang bisa berada di dalam ruangan. Pengguna mungkin akan diminta untuk memindai lagi jika ingin masuk toko yang berada di dalam mal.

Ketika keluar dari gedung, pengguna akan diminta untuk memindai kode QR untuk check-ou". Jika lupa memindai saat keluar, pengguna bisa check-out dari aplikasi.

Ketika pengguna check-in ke suatu tempat, laman utama, di atas bar pencarian, akan memberikan lokasi saat ini berada. Ketuk check-out di notifikasi tersebut jika tidak sempat memindai kode saat keluar gedung.

Sebaiknya biasakan check-out demi menjaga akurasi jumlah orang yang berada di dalam gedung.

Peta zonasi

Masih di lama utama aplikasi, pengguna akan melihat peta tempat lokasi terkini berada. Peta zonasi akan akurat jika selama membuka aplikasi, pengguna mengaktifkan lokasi (GPS).

Peta zonasi akan berwarna sesuai dengan tingkat risiko masing-masing tempat, rarna oranye untuk risiko rendah dan merah untuk risiko tinggi. Biasanya informasi zona yang ditampilkan per kelurahan.

Lokasi akan berubah jika pengguna berpindah tempat, begitu juga dengan tingkat risiko, akan menyesuaikan dengan lokasi saat ini berada. Selain melihat risiko di tempat berada, pengguna juga bisa melihat tingkat risiko di tempat lain dengan mencari lewat kolom pencarian. Jika ingin mencari lokasi lain, matikan dulu GPS agar tidak otomatis kembali ke lokasi saat ini.

Cara ini bisa digunakan untuk melihat tingkat risiko penularan jika harus bepergian ke tempat lain. Fitur ini bisa membantu pengguna mengambil keputusan sebelum bepergian.

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement