Ahad 05 Sep 2021 06:45 WIB

Tim Oxford Ciptakan Vaksin Revolusioner untuk Kanker

Tim pengembang vaksin Covid-19 Oxford/AstraZeneca uji coba kandidat vaksin kanker.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Reiny Dwinanda
Vaksinasi (Ilustrasi). Peneliti dari University of Oxford, Inggris akan melakukan uji coba pada manusia kandidat vaksin kanker.
Foto:

Materi genetik mendorong tubuh untuk merespons molekul yang disebut protein MAGE yang ditemukan di permukaan sel kanker. Profesor Imunologi Tumor di University of Oxford, Benoit Van den Eynde, mengaku, pihaknya mengetahui bahwa protein tipe MAGE bertindak seperti bendera merah di permukaan sel kanker untuk menarik sel kekebalan yang menghancurkan tumor.

"Yang penting untuk spesifitas target, antigen tipe MAGE tak ada di permukaan jaringan normal yang mengurangi risiko efek samping yang disebabkan oleh sistem kekebalan yang menyerang  sel-sel sehat," katanya.

Vaksin diberikan bersamaan dengan imunoterapi, sejenis perawatan yang membangunkan sistem kekebalan pasien dan mempersenjatainya untuk melawan tumor. Imunoterapi telah memberikan hasil yang menakjubkan dalam pengobatan kanker. Namun, beberapa pasien tidak memiliki sel-T yang cukup dalam sistem kekebalan mereka untuk melawan tumor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement