Sabtu 04 Sep 2021 06:20 WIB

Seberapa Efektif Masker Bedah Kurangi Penyebaran Covid-19?

Studi skala besar Standford Medicine-Yale University ungkap efektivitas masker bedah.

 Seorang warga mengenakan masker bedah untuk membantu melindungi diri dari virus corona tipe baru, SARS-CoV-2, penyebab Covid-19.
Foto:

Kwong mengatakan, saat ini kerja sama dengan ilmuwan perilaku, ekonom, pakar kesehatan masyarakat, dan tokoh agama terus dilakukan untuk merancang cara mempromosikan penggunaan masker di tingkat masyarakat. Studi tersebut membuat 600 warga desa memiliki pusat distribusi masker dan promosi kebijakan dengan melibatkan tokoh-tokoh terkenal Bangladesh, seperti perdana menteri, atlet, dan imam.

Para tokoh terkenal Bangladesh tersebut menyampaikan pentingnya penggunaan masker sekaligus menjelaskan hal terkait ini. Selain itu, orang-orang yang tidak mengenakan masker atau menjaga jarak sosial secara teratur diingatkan untuk melakukannya.

photo
Masker bedah jangan dipakai terbalik. - (Republika)

Di desa-desa tanpa intervensi, sekitar 13 persen orang memakai masker dengan benar dibandingkan dengan 42 persen di desa dengan bimbingan. Jarak sosial hanya sedikit membaik dengan 24,1 persen di desa kontrol dibandingkan 29,2 persen di desa intervensi.

"Ini signifikan secara statistik dan kami percaya, mungkin perkiraan rendah dari efektivitas masker bedah di lingkungan masyarakat," jelas Styczynski.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement