Kamis 02 Sep 2021 11:11 WIB

China Kembangkan Helikopter Mars

China membuat prototipe pesawat jelajah untuk permukaan Mars.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Prototipe drone yang dikembangkan China untuk eksplorasi Mars.
Foto:

Akademi Teknologi Kendaraan Peluncuran China (CALT) pada Juni menguraikan stud propulsi yang diperlukan untuk ekspedisi kru jangka panjang di masa depan ke Mars, termasuk misi robot pendahulu. Studi ini mengidentifikasi jendela peluncuran yang menguntungkan tetapi tidak memberikan timeline untuk misi berawak atau tidak berawak.

Upaya China untuk menerbangkan pesawat di atmosfer Mars yang tipis bukanlah hal baru. Sebuah konsep dari Laboratorium Teknologi Luar Angkasa Qian Xuesen dipertimbangkan untuk misi Mars 2020 negara itu.

Selain sebuah rover, proposal ambisius tersebut mencakup tiga penetrator darat, yang akan dilepaskan saat turun dan sebuah aerostat yang akan beroperasi pada ketinggian antara satu dan lima kilometer selama satu pekan. Tujuannya adalah untuk mendapatkan informasi tiga dimensi, multi-layers dan multi source dengan satu pendaratan.

Entitas termasuk Beijing Institute of Spacecraft System Engineering dan Shenzhen Aerospace DFH HIT Satellite Ltd., keduanya di bawah Akademi Teknologi Luar Angkasa China (CAST) dan Universitas Beihang telah memulai pekerjaan pada arsitektur konsep untuk eksplorasi Mars.

Yang pertama adalah drone bersayap. Desain ini lebih dipilih daripada helikopter karena tantangan kecepatan rotasi tinggi dan persyaratan untuk struktur ultralight dan sistem tenaga efisiensi tinggi yang ditimbulkan oleh yang terakhir. Drone akan lepas landas secara vertikal dari permukaan Mars sebelum melempar dan mengembangkan sayapnya.

Perangkat itu akan memiliki jangkauan puluhan kilometer, mengumpulkan dan berpotensi menganalisis sampel atmosfer dan permukaan. Itu juga akan mampu memasuki lingkungan terlarang seperti ngarai dan kawah.

 

Grup ini juga mengusung konsep balon, mengusung 2U CubeSat yang ditambatkan. Sistem akan berusaha mengambil sampel atmosfer di berbagai ketinggian untuk dianalisis, sambil juga mengembalikan citra resolusi tinggi dan data lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement