Senin 23 Aug 2021 20:23 WIB

Empat Saran Privasi Data untuk Ponsel

Perhatikan izin aplikasi di ponsel Anda.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Ani Nursalikah
Empat Saran Privasi Data untuk Ponsel
Foto:

Ketiga, perhatikan izin aplikasi. Salah satu saran yang hampir semua ahli sebutkan adalah memeriksa ulang izin mana yang diminta aplikasi.

Anda juga harus bertanya pada diri sendiri apakah masuk akal jika sebuah aplikasi meminta izin tertentu. Aplikasi yang meminta akses ke data yang tidak relevan dengan fungsinya adalah tanda peringatan utama.

“[Jika] Anda mengunduh aplikasi sederhana untuk kalkulator saku misalnya dan aplikasi tersebut meminta akses ke daftar kontak dan lokasi Anda. Mengapa kalkulator perlu melihat daftar kontak dan lokasi Anda? Permintaan seperti itu seharusnya patut diwaspadai,” kata CEO Cardswitcher Stephen Hart.

Keempat, tetap perbarui perangkat lunak. Meluangkan waktu untuk memperbarui sistem operasi ponsel cerdas Anda sangat penting untuk menjaga keamanan data Anda, menurut Walsh.

Pembaruan memungkinkan Anda selangkah lebih maju dari peretas dan eksploitasi terbaru yang mereka sebarkan di internet. Hart menyarankan untuk menyesuaikan pengaturan ponsel Anda sehingga akan diperbarui secara otomatis.

“Pikirkan pembaruan perangkat lunak seperti vaksinasi untuk ponsel cerdas Anda. Metode yang digunakan penjahat untuk meretas ponsel Anda dan mencuri data Anda terus berkembang, jadi cara kita melindungi ponsel cerdas kita juga perlu berkembang,” kata Hart.

https://www.cnet.com/tech/services-and-software/7-data-privacy-tips-digital-security-experts

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement