Senin 23 Aug 2021 20:23 WIB

Empat Saran Privasi Data untuk Ponsel

Perhatikan izin aplikasi di ponsel Anda.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Ani Nursalikah
Empat Saran Privasi Data untuk Ponsel
Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Empat Saran Privasi Data untuk Ponsel

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam hal privasi data, aplikasi terkenal sulit dipercaya. Sayangnya tidak ada cara untuk mengetahui secara langsung jika suatu aplikasi melacak pengguna, bahkan ketika penggunanya berhenti, dan tidak ada perlindungan yang sangat mudah di dunia teknologi yang terus berkembang saat ini.

Penting untuk mengambil langkah-langkah untuk mengamankan data Anda sendiri, terutama jika menyangkut aplikasi yang Anda gunakan. Ada beberapa cara untuk menemukan dan menghapus data disimpan Google tentang Anda, bersama dengan beberapa pengaturan privasi baru di Android 12 dan iOS 14 untuk menghentikan aplikasi melacak Anda.

Baca Juga

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk melindungi privasi data dan meningkatkan keamanan ponsel cerdas dari pakar privasi data.

Pertama, gunakan pengelola kata sandi. Kata sandi terkuat adalah karakter acak.

Serangkaian huruf, angka dan simbol tanpa urutan tertentu cenderung tidak ditemukan dalam kamus dan lebih sulit bagi komputer untuk dipecahkan. Kelemahannya adalah kata sandi yang rumit ini jauh lebih sulit diingat.

Dilansir dari CNET, Senin (23/8), di sinilah aplikasi pengelola kata sandi berguna. Pengelola kata sandi menyimpan semua kata sandi Anda dalam satu aplikasi terenkripsi dan dilindungi kata sandi. Mereka juga menghasilkan dan mengingat kata sandi yang kuat.

Sebaiknya hindari juga menggunakan kata sandi yang sama untuk banyak akun. Jika satu akun disusupi dalam pelanggaran data, semua akun dikompromikan. Dengan pengelola kata sandi, setiap akun Anda dapat memiliki kata sandi yang berbeda, rumit dan sulit diretas. Beberapa bahkan akan menghasilkan kata sandi untuk Anda.

Kedua, gunakan VPN di Wi-Fi publik. Jika Anda akan menggunakan jaringan Wi-Fi publik saat menggunakan ponsel alih-alih menggunakan data seluler, para ahli menyarankan untuk menggunakan VPN. Jaringan pribadi virtual dapat menjaga data Anda, menghindari pemfilteran dan penyensoran di internet serta memungkinkan Anda untuk mengakses berbagai konten yang lebih luas di seluruh dunia.

Saat mencari penyedia VPN, penting untuk meneliti perusahaan untuk mengetahui apakah itu terkenal dan dapat dipercaya. Apple App Store dan Google Play Store memiliki lusinan aplikasi VPN gratis, tetapi beberapa memiliki praktik yang meragukan. Jadi berhati-hatilah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement