Senin 23 Aug 2021 11:26 WIB

Studi: Makan 1 Hotdog Kurangi 35 Menit Hidup Sehat

Studi terbaru ungkap beban kesehatan dan dampak lingkungan dari makanan.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Hotdog. Terbuat dari daging olahan, hotdog disebut memiliki dampak buruk bagi kesehatan dan lingkungan.
Foto:

Para peneliti juga mengklasifikasikan makanan berdasarkan dampak nutrisi dan lingkungan atau pemanasan global jangka pendek. Makanan sehat yang ramah lingkungan, termasuk kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan beberapa makanan laut.

Sedangkan makanan dengan nilai gizi yang buruk dan produksi terkait dengan dampak lingkungan yang tinggi, yaitu emisi gas rumah kaca-- termasuk daging sapi, daging olahan, babi dan domba, makanan berbasis keju, dan hidangan salmon tertentu. Sebaliknya, sebagian besar unggas, susu, makanan berbasis telur, dan biji-bijian berada di antara keduanya.

"Sesuai dengan penelitian sebelumnya, ini menunjukkan bahwa makanan yang bergizi bermanfaat mungkin tidak selalu menghasilkan dampak lingkungan yang paling rendah dan sebaliknya," keta penulis penelitian.

Akhirnya, para peneliti menemukan bahwa menukar 10 persen dari konsumsi kalori harian dari daging sapi dan daging olahan untuk buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, kacang-kacangan, dan makanan laut tertentu dapat menuai manfaat kesehatan yang signifikan. Tim menyebut, ada keuntungan sekitar 48 menit per orang per hari dan 33 persen jejak karbon makanan lebih kecil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement